Peran Kantor Urusan Agama Dalam Mengantisipasi Terjadinya Hamil Diluar Nikah (Studi Kasus Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam

Muhammad Arief, 180101102 (2023) Peran Kantor Urusan Agama Dalam Mengantisipasi Terjadinya Hamil Diluar Nikah (Studi Kasus Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of hamil luar nikah, peran KUA, pergaulan bebas.] Text (hamil luar nikah, peran KUA, pergaulan bebas.)
Muhammad Arief, 180101102, FSH, HK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Sehubungan dengan maraknya nikah hamil di luar nikah di kabupaten Kota Subulussalam khususnya di Kecamatan Sultan Daulat penulis tertarik untuk mengambil judul penelitian Skripsi dengan judul Peran Kantor urusan agama dalam mengentisipasi Hamil di Luar Nikah (studi kasus di KUA Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam) ini untuk menjawab rumusan masalah pertama Bagaimanakah Fenomena Hamil Diluar Nikah di Kota Subulussalam Kedua Peran antor Urusan Agama (KUA) Dalam Mengantisipasi Terjadinya Hamil Diluar Nikah di KUA di Kota Subulussalam, Dalam Meminimalisir Terjadinya Perkawinan Hamil Di luar Nikah, ketiga Bagaimanakah Faktor Pendukung dan Penghambat di KUA di Kota Subulussalam Dalam Meminimalisir Terjadinya Perkawinan Hamil Diluar Nikah. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus yaitu menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang diamati. Penelitian lapangan meliputi wawancara dan dokumentasi yang didapatkan dari kepala KUA di kecamatan Sultan Daulat. Dari hasil Peneletian untuk meminimalisir jumlah angka pernikahan hamil di luar nikah ini KUA Sultan Daulat melakukan beberapa upaya diantara memberikan nasihat, pembinaan, dan penyuluhan di wilayah setempat. Selain itu Kepala KUA Kecamatan Sultan Daulat yang dipimpin seorang Mubalig, biasanya disempatkan mengungkap masalah pernikahan disela-sela mengisi ceramahnya, di setiap khutbah jum’atnya, dan disaat perkumpulan di masyarakat setempat. Itulah yang menjadi salah satu kelebihan KUA Sultan Daulat Kota Subulussalam. Selain itu juga ada faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan programnya. Adapun faktor pendukungnya antara lain: terjalin hubungan kerjasama dengan instansi dan masyarakat dengan baik, menjamurnya kelompok pengajian, dsb. sedangkan faktor penghambatnya banyak sekali diantaranya: terbatasnya SDM yang profesional di KUA, anggaran dana minim untuk program penyuluhan, terbatasnya tenaga Penghulu, dsb. Dari penelitian yang sudah dilakukan bahwa, PPN melakukan berbagai upaya yaitu penasihatan, pembinaan, dan penyuluhan diwilayah setempat, akhirnya dari upaya tersebut yang sudah dilakukan oleh PPN dapat meminimalisir jumlah pernikahan hamil di luar nikah dari tahun ke tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Muhammad Arief Arief
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:33
Last Modified: 19 Jan 2024 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34940

Actions (login required)

View Item
View Item