Analisis Penggunaan Instagram Pada Akun @Serambinews Sebagai Media Jurnalistik Baru

Uly Rahmaty, 190401110 (2024) Analisis Penggunaan Instagram Pada Akun @Serambinews Sebagai Media Jurnalistik Baru. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Penggunaan Instagram Pada Akun @Serambinews Sebagai Media Jurnalistik Baru] Text (Analisis Penggunaan Instagram Pada Akun @Serambinews Sebagai Media Jurnalistik Baru)
Uly Rahmaty, 190401110, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Akun Instagram @serambinews adalah salah satu bentuk adaptasi terhadap revolusi media dalam menyediakan informasi kepada masyarakat. Penggunaan Instagram sebagai media jurnalistik yang kini menjadi tren baru memerlukan klasifikasi yang jelas hingga dapat dijadikan acuan masyarakat untuk melakukan verifikasi berita yang akurat dan cepat melalui media sosial yang dikelola oleh media terverifikasi Dewan Pers dan juga pengaruh dari konten yang disediakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik jurnalisme media sosial Instagram sebagai media jurnalistik baru. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif (qualitative content analisys). Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @serambinews telah menggunakan Instagram sebagai media jurnalistik dan mempraktikkan tahapan pada teori agenda setting dengan menentukan topik berita berdasarkan segmentasi audiens di Instagram.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Jurnalistik, Agenda Setting.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Uly Rahmaty Uly
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:28
Last Modified: 19 Jan 2024 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34942

Actions (login required)

View Item
View Item