Pengaruh Current Ratio, Net Profit Margin dan Debt to Equity Ratio Terhadap Harga Saham Perusahaan Tambang yang Terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia

Nauval Rizki, 180602190 (2022) Pengaruh Current Ratio, Net Profit Margin dan Debt to Equity Ratio Terhadap Harga Saham Perusahaan Tambang yang Terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Net Profit Margin] Text (Net Profit Margin)
Nauval Rizki, 180602190, FEBI, ES (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Dalam beberapa kasus, variabel Current Ratio, Net Profit Margin dan Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif terhadap harga saham. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk meneliti ulang dengan objek dan periode yang berbeda daripada penelitian sebelumnya. Selain itu, banyak faktor yang dapat menyebabkan naik turunnya harga saham, salah satunya karena faktor internal. Faktor internal merupakan segala hal yang berhubungan dengan aktifitas yang dilakukan oleh perusahaan, terutama rasio keuangan yang berasal dari laporan keuangan. Namun, dalam melakukan analisis terhadap rasio laporan keuangan terdapat banyak hal yang dapat mempengaruhi harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Current Ratio, Net Profit Margin dan Debt to Equity Ratio terhadap harga saham perusahaan tambang yang terdaftar di index saham syariah Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana sampel yang digunakan penelitian ini adalah 12 perusahaan tambang yang terdaftar berturut-turut di index saham syariah Indonesia selama 5 tahun (periode 2017-2021) dengan jumlah data sebanyak 60 data. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari Indonesia Stock Exchange (IDX) yang berbentuk time series dan cross section. Metode analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan alat bantu Eviews 12. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Current Ratio, Net Profit Margin dan Debt to Equity Ratio secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham perusahaan tambang yang terdaftar di index saham syariah Indonesia. (2) Current Ratio secara parsial berpengaruh positif dan siginifikan terhadap harga saham perusahaan tambang yang terdaftar di index saham syariah Indonesia. (3) Net Profit Margin secara parsial berpengaruh positif dan siginifikan terhadap harga saham perusahaan tambang yang terdaftar di index saham syariah Indonesia. (4) Debt to Equity Ratio secara parsial berpengaruh positif dan siginifikan terhadap harga saham perusahaan tambang yang terdaftar di index saham syariah Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nauval Rizki Nauval
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:30
Last Modified: 19 Jan 2024 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34944

Actions (login required)

View Item
View Item