Tinjuan Fiqh Muamalah Terhadap Praktek Pembiayaan muḍārabah Dan Peranannya Dalam Peningkatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( Studi penelitian di BMT Taman Indah Baitussalam)

Adinda Fitria Syarwina, 170102199 (2022) Tinjuan Fiqh Muamalah Terhadap Praktek Pembiayaan muḍārabah Dan Peranannya Dalam Peningkatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( Studi penelitian di BMT Taman Indah Baitussalam). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Fiqh Muamalah] Text (Fiqh Muamalah)
Adinda Fitria Syarwina, 170102199, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat tinjauan fiqh muamalah tentang pembiayaan muḍārabah dan peranannya dalam peningkatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan menganalisis pembiayaan muḍārabah di BMT Taman Indah. Studi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan data yang digunakan dari wawancara dengan manager BMT Taman Indah, pengamatan, dan penggunaan dokumen yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif dengan pemikiran induktif berdasarkan fakta-fakta tertentu yang akan diteliti, dianalisis, dan dirancang agar mampu bekerja secara umum. penelitian ini adalah untuk melihat dasar-dasar dan rincian hal-hal yang berkaitan dengan muḍārabah atau kerjasama muḍārabah untuk melihat secara spesifik konsep muḍārabah diterapkan oleh BMT Taman Indah sudah sesuai dengan konsep fiqih muamalah. Hasil penelitian ini benar-benar didasarkan pada kenyataan bahwa menurut ulama kontemporer jenis kerjasama ini diperbolehkan. Namun, bagian pelaksanaan Praktek Pembiayaan muḍārabah ini belum sesuai dengan konsep fiqih muamalah. Pembiayaan muḍārabah yang dilakukan oleh bank syariah dengan menggunakan dana Pembagian keuntungan. Pendanaan ini diberikan kepada mudȃrib setelah akad. Namun dalam praktiknya pembiayaan muḍārabah masih menunjukkan bahwa pembiayaan ini seperti hutang, karena ada mudȃrib kewajiban mengembalikan modal apabila terjadi kerugian, kerugian tersebut tidak kelalaian mudȃrib.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Adinda Fitria Syarwina Dinda
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:55
Last Modified: 22 Jan 2024 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34953

Actions (login required)

View Item
View Item