Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Konsep Gerhana Di SDN 57 Banda Aceh

Bayani, 190209043 (2024) Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Konsep Gerhana Di SDN 57 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Konsep Gerhana Di SDN 57 Banda Aceh] Text (Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Konsep Gerhana Di SDN 57 Banda Aceh)
Bayani, 190209043, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Hasil wawancara dengan guru SD 57 Banda Aceh menunjukkan bahwa penggunaan media pop- up book belum pernah digunakan dalam proses pembelajaran, Guru hanya menggunakan buku paket dan siswa hanya berfokus keguru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pop-up book pada konsep gerhana dan respon guru terhadap media pada pembelajaran tersebut. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model 4-D dengan 4 tahap yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Desseminate (Penyebaran). Subjek penelitian ini adalah guru kelas VI SDN 57 Banda Aceh. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan angket respon guru. Hasil validasi media dari validator I yaitu 97,5% dan dari validator II yaitu 72,5% dari kedua validator ahli media dengan memperoleh rata-rata skor 85% dengan kategori sangat layak, Sedangkan hasil validasi materi dari validator I yaitu 100% dan dari validator II yaitu 82,5% dari kedua validator ahli materi dengan memperoleh rata-rata skor 91,25% dengan katergori sangat layak, Kemudian Hasil respon guru dengan skor 100% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil data tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan media pop-up book pada konsep gerhana sangat layak digunakan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Bayani Bayani
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:01
Last Modified: 22 Jan 2024 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34958

Actions (login required)

View Item
View Item