Implementasi Model Pembelajaran Sentra Literasi Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Di TKIT Baitusshalihin

Cut Ledi Maulida Putri, 170210077 (2024) Implementasi Model Pembelajaran Sentra Literasi Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Di TKIT Baitusshalihin. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Model Pembelajaran Sentra Literasi Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Di TKIT Baitusshalihin] Text (Implementasi Model Pembelajaran Sentra Literasi Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Di TKIT Baitusshalihin)
Cut Ledi Maulida Putri, 170210077, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Model pembelajaran sentra adalah pembelajaran dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang bertujuan untuk merangsang seluruh aspek kecerdasan anak melalui kegiatan bermain yang terarah. TKIT Baitusshalihin merupakan salah satu TK yang sudah mengimplementasikan sentra literasi untuk mengembangkan kognitif anak usia dini (AUD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran sentra literasi dalam meningkatkan kemampuan kognitif di TKIT Baitusshalihin. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran sentra literasi di TKIT Baitusshalihin melalui tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kemampuan kognitif anak di TKIT Baitusshalihin mulai berkembang tetapi ada beberapa anak yang masih belum mengetahui huruf, hal ini disebabkan karena terdapat kendala pada guru yaitu guru terkendala dalam menyediakan media sentra literasi, guru mengalami kendala dalam menguasai kelas, guru mengalami kendala dalam bekerja sama dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sentra Literasi, Kemampuan Kognitif
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Cut Ledi Maulida Putri
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:30
Last Modified: 22 Jan 2024 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34960

Actions (login required)

View Item
View Item