Pengaruh Teknik Membutsir Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aba Kampung Pisang Aceh Selatan

Izzah Afifah, 170210117 (2024) Pengaruh Teknik Membutsir Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aba Kampung Pisang Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Teknik Membutsir Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aba Kampung Pisang Aceh Selatan] Text (Pengaruh Teknik Membutsir Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aba Kampung Pisang Aceh Selatan)
Izzah Afifah, 170210117, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Teknik membutsir merupakan membentuk dari bahan lunak seperti tanah liat dan plastisin yang dapat meningkatkan kreatifitas anak dan dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak yang gerakannya hanya melibatkan bagian tubuh menggunakan otot-otot kecil, seperti keterampilan menggunakan jari jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan. Berdasarkan hasil observasi awal, anak di TK ABA Kampung Pisang ada yang belum terampil dalam kemampuan motorik halusnya dan teknik membutsir ini belum pernah diterapkan di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknik membutsir terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK ABA Kampung Pisang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu kelas A1 dan A2. Data diperoleh melalui lembar observasi dan dokumentasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil kegiatan kelas eksperimen pada kegiatan diperoleh sebesar 7,12 dan nilai postest diperoleh sebesar 15. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Teknik membutsir dapat mempengaruhi motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK ABA Kampung Pisang dengan hasil uji hipotesis, uji t diperoleh thitung > ttabel dengan hasil 15 > 1,76 maka artinya Hα Diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini membuktikan bahwa teknik membutsir berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak dengan playdough.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Membutsir, Motorik Halus, Anak
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Izzah Afifah Izzah
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:29
Last Modified: 22 Jan 2024 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34965

Actions (login required)

View Item
View Item