Reaksi Verbal Pemain Game Online Moba Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (Studi Etika Komunikasi Islam)

Ahyal Karim Amran, 190401093 (2024) Reaksi Verbal Pemain Game Online Moba Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (Studi Etika Komunikasi Islam). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Reaksi Verbal Pemain Game Online Moba Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (Studi Etika Komunikasi Islam)] Text (Reaksi Verbal Pemain Game Online Moba Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (Studi Etika Komunikasi Islam))
Ahyal Karim Amran, 190401093, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Game online sendiri di Indonesia tidak terdengar asing di kalangan mahasiswa maupun remaja. Semakin populernya game online dapat mengakibatkan gamers (pemain game) menjadi ketagihan akan game tersebut. Dalam game online terdapat beberapa fitur berkomunikasi, baik verbal maupun nonverbal, agar terjadi interaksi dengan pemain lain menjadi mudah untuk dimainkan. Akibat dari ketagihan bermain game, mahasiswa sering mengucapkan perkataan kotor dan kasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi verbal mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2019 saat bermain game online dan tinjauan etika komunikasi Islam terhadap reaksi verbal mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2019 saat bermain game online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak mahasiswa ketika bermain game mobile legends bang bang, memperlihatkan ekspresi kekesalan saat kekalahan, berbicara kotor dan kasar seperti: NOOB, jancuk, anj, tolol, bocah, bego, cemas ko dek dan banyak lagi bahasa kasar lainnya. Tidak hanya ucapan kasar, terkadang untuk melampiaskan emosi dalam bermain game mereka melakukan kekerasan non verbal terhadap diri sendiri seperti: memukul, membanting dan melempar barang yang ada disekitarnya. Ditinjau dari konsep etika komunikasi Islam bahwa reaksi verbal mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam saat bermain game online tidak menerapkan prinsip qaulan sadidan, yang diucapkan bukanlah perkataan yang benar, melainkan perkataan-perkataan yang tidak benar dan tergolong ke dalam perkataan kotor dan kasar. Dan juga tidak menerapkan prinsip qaulan layyinan. Karena seharusnya sebagai mahasiswa yang mempelajari ilmu etika komunikasi Islam mengamalkan ilmu tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari, membiasakan diri untuk berbicara dengan perkataan yang baik dengan perkataan yang lemah lembut karena hal itu akan menjadi salah satu cara agar perkataan spontan yang terucap merupakan perkataan yang baik pula. Disarankan kepada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam agar memahami dengan benar konsep berkomunikasi dalam Islam yang telah diajarkan pada mata kuliah etika komunikasi Islam dan mengaplikasikan ilmu tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ahyal Karim Amran
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:23
Last Modified: 23 Jan 2024 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34977

Actions (login required)

View Item
View Item