Strategi Kepemimpinan Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Menumbuhkan Kunjungan Baca Peserta Didik di SMAN 1 Kluet Timur Aceh Selatan

Siska Diana, 180206049 (2023) Strategi Kepemimpinan Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Menumbuhkan Kunjungan Baca Peserta Didik di SMAN 1 Kluet Timur Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Kepemimpinan Sekolah dalam Peningkatan Kinerja  Menumbuhkan Kunjungan Baca Peserta Didik di SMAN 1  Kluet Timur Aceh Selatan] Text (Strategi Kepemimpinan Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Menumbuhkan Kunjungan Baca Peserta Didik di SMAN 1 Kluet Timur Aceh Selatan)
SKRIPSI SISKA DIANA (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Strategi Kepemimpinan Sekolah merupakan langkah yang baik dalam meningkatkan kinerja menumbuhkan kunjungan baca peserta didik. Selama ini strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah masih belum maksimal. Oleh karena itu dibutuhkan strategi kepemimpinan sekolah dalam meningkatkan kinerja menumbuhkan kunjungan baca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi yang dilakukan kepemimpinan sekolah untuk menumbuhkan kunjungan baca peserta didik di SMAN 1 Kluet Timur Aceh Selatan, untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan pustakawan untuk menumbuhkan kunjungan baca peserta didik di SMAN 1 Kluet Timur Aceh Selatan dan untuk mengetahui hambatan dan solusi kepemimpinan sekolah dalam peningkatan kinerja menumbuhkan kunjungan baca peserta didik di SMAN 1 Kluet Timur Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pustakawan, guru dan 2 peserta didik dengan masing-masing kelas 1, 2 dan 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi yang dilakukan kepala sekolah terbagi menjadi tiga yaitu: perencanaan, komitmen dan tanggung jawab. (2) upaya yang dilakukan pustakawan ada tiga bagian yaitu : tindakan pustakawan, reward, dan pengembangan program. (3) hambatan dan solusi kepala sekolah, Adapun yang menjadi hambatan : (1) peserta didik salah dalam memanfaatkan internet dengan cara mengakses hal-hal yang bersifat tidak baik seperti bermain game dan lain-lain sebagainya, (2) kurangnya koleksi buku yang ada diperpustakaan, baik buku bacaan maupun buku pelajaran. (3) rendahnya minat baca peserta didik. (4) kurangnya dana untuk melengkapi fasilitas perpustakaan sekolah. (5) pengaruh teknologi yang mudah diakses oleh peserta didik. Adapun yang menjadi solusi adalah : (1) memberikan motivasi kepada peserta didik bagaimana pentingnya belajar. (2) menyediakan buku yang sesuai dengan minat baca peserta didik. (3) membuat proposal yang ditujukan ke Arsip Wilayah dan Profinsi bahwa sekolah SMAN 1 Kluet Timur Aceh Selatan butuh koleksi yang relevan bagi peserta didik. (4) membuat ruangan perpustakaan senyaman mungkin yaitu indah, rapi, wangi dan tertib. (5) membuat reward kepada peserta didik yang rajin berkunjung ke perpustakaan atau membuat Duta Baca bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siska Diana Siska
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:02
Last Modified: 23 Jan 2024 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34987

Actions (login required)

View Item
View Item