Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perubahan Perilaku Remaja: Studi Kasus Di Desa Paya Dapur, Aceh Selatan

Husna Redha, 190305065 (2023) Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perubahan Perilaku Remaja: Studi Kasus Di Desa Paya Dapur, Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Dampak Penggunaan Handphone] Text (Dampak Penggunaan Handphone)
Revisi Skripsi Husna Redha.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Handphone merupakan salah satu bentuk pesatnya perkembangan dan kemajuan teknologi informasi saat ini. Banyak manfaat dan kemudahan yang tercipta dari kemajuan teknologi ini, hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan kamajuan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk remaja. Masuknya teknologi handphone dikalangan para remaja ini mengakibatkan terjadinya perubahan perilaku. Meningkatnya penggunaan handphone pada remaja di Desa Paya Dapur membawa pengaruh terhadap kehidupan masyarakat Desa Paya Dapur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan perilaku remaja Desa Paya Dapur, untuk mengetahui dampak positif dan negative handphone bagi remaja, dan untuk mengetahui bagaimana respon masyarakat terhadap remaja yang kecanduan bermaian handphone. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dampak perubahan perilaku remaja yang menggunakan handphone dapat dibagi menjadi dua yaitu dampak postif dan negatif, dampak positifnya ialah handphone sumber informasi, sumber ilmu pengetahun dan untuk mengetahui dunia luar, dan negatifnya ialah kurangnya bersosialisasi dengan orang sekitar atau di dunia nyata, megakses situs dewasa dan remaja menjadi lalai. diharapkan kepada remaja agar dapat membagi waktu dengan baik, dan meningkakan akhlak yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.4 Perubahan sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial > 305.2 Kelompok umur > 305.23 Kawula muda
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Husna Redha Redha
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:57
Last Modified: 23 Jan 2024 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34989

Actions (login required)

View Item
View Item