Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Poster Berbasis Pictorial Riddle Pada Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi Di SMP/MTs

Agus Revi Supriadi, 190204045 (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Poster Berbasis Pictorial Riddle Pada Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi Di SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Poster Berbasis Pictorial Riddle Pada Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi Di SMP/MTs] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Poster Berbasis Pictorial Riddle Pada Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi Di SMP/MTs)
Agus Revi Supriadi, 190204045, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang digunakan di SMPN 2 Kluet Utara masih terbilang sedikit, dikarenakan terbatasnya guru dalam segi waktu untuk mengembangkan media. Penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu dalam proses pembelajaran. Terutama media yang bervariasi, misalnya media bergambar teka-teki. Menggunakan media yang menggunakan teka-teki sangatlah dapat meningkatkan retensi dan kemampuan berpikir kritis siswa, sehingga mampu memperdalam materi secara mudah sehingga kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain media dan menganalisis kelayakan media pembelajaran berbentuk poster berbasis pictorial riddle pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D. Model 4-D ini memiliki empat tahap yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi, yang terdiri dari ahli materi dan ahli media. Untuk ahli materi menggunakan empat validator yang terdiri dua dosen dan dua guru, sedangkan untuk ahli media terdiri dari tiga validator. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 95% dengan kriteria sangat layak. Dan hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 97% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbentuk poster berbasis pictrorial riddle pada materi getaran, gelombang dan bunyi sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Agus Revi Supriadi
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:35
Last Modified: 25 Jan 2024 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34990

Actions (login required)

View Item
View Item