Adat, Agama Dan Konservasi Peran Forum Penjaga Hutan Dan Sungai (FPHS) Dalam Melestarikan Hutan Di Kecamtan Pining Gayo Lues

Fauzi Rahmat, 160305118 (2024) Adat, Agama Dan Konservasi Peran Forum Penjaga Hutan Dan Sungai (FPHS) Dalam Melestarikan Hutan Di Kecamtan Pining Gayo Lues. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Adat, Agama Dan Konservasi Peran Forum Penjaga Hutan Dan Sungai (FPHS) Dalam Melestarikan Hutan Di Kecamtan Pining Gayo Lues] Text (Adat, Agama Dan Konservasi Peran Forum Penjaga Hutan Dan Sungai (FPHS) Dalam Melestarikan Hutan Di Kecamtan Pining Gayo Lues)
Fauzi Rahmat, 160305118 (2023).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kawasan hutan konservasi merujuk kepada suatu kawasan yang dilindungi. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang lahirnya Forum Penjaga Hutan dan Sungai (FPHS), peran konservasi hutan yang dilakukan oleh Forum Penjaga Hutan dan Sungai (FPHS) di Gayo Lues dan apa saja yang sudah dilakukan Forum Penjaga Hutan dan Sungai (FPHS) dalam Melestarikan Hutan di Kecamtan Pining Kabupaten Gayo Lues. Penelitian ini merupakan penelitan lapangan jenis deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Dan data-data penelitian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif analisis model Miles dan Huberman. Hasil dalam penelitian ini yaitu, (1) latar belakang lahirnya Forum Penjaga Hutan dan Sungai Harimau Pining diakibatkan oleh kerusakan lingkungan yang terjadi yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan juga pihak- pihak yang bertanggung jawab yang mengkeksploitasi hutan tanpa asas keadilan dan kesejahteraan masyarakat. (2) Peran Forum Penjaga Hutan dan Sungai adalah mendorong penguatan dan dan pendidikan kritis masyarakat terhadap modernisasi pembangunan yang dapat menjamin keberlanjutan sumber daya alam (hutan) untuk kesejahteraan masyarakat dan generasi mendatang. (3) Gerakan yang sudah dilakukan Forum Penjaga Hutan dan Sungai yaitu mengadvokasi Protes Proyek Asing di Lesten, mengadvokasi permasalahan tambang PT. Wayang Mining Gayo Indo, dan mengadvokasi tentang permohonan penetapan wilayah mukim dan hutan adat mereka kepada Pemerintah Kabupaten Gayo Lues.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Fauzi Rahmat
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:03
Last Modified: 23 Jan 2024 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34991

Actions (login required)

View Item
View Item