Fungsi Lembaga Tuha Peut Kedai Kandang Dalam Pengawasan Anggaran Dalam Qanun No 22 Tahun 2012 (Studi Kasus Di Gampong Kedai Kandang Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan).

Razakul Azmi, 180105066 (2023) Fungsi Lembaga Tuha Peut Kedai Kandang Dalam Pengawasan Anggaran Dalam Qanun No 22 Tahun 2012 (Studi Kasus Di Gampong Kedai Kandang Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tuha Peut, Fungsi Tuha Peut, Implementasi Tuha Peut] Text (Tuha Peut, Fungsi Tuha Peut, Implementasi Tuha Peut)
Razakul Azmi, 180105066, FSH, HTN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tuha Peut merupakan panggilan atau sebutan dari Badan Permusyawaratan Gampong (BPG) di Aceh, Dimana lembaga Tuha Peut ini merupakan alat kontrol bagi Pemerintah Gampong dalam menyelesaikan penyelenggaraan pemerintahan di Gampong Namun, ketika Tuha Peut Gampong melakukan pengendalian tidak melibatkan delegasi lain dari masyarakat yang ada saat ini akan menyebabkan pelaksanaan kemampuannya tidak berjalan dengan baik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana pelaksanan pengawasan anggaran, apa saja kendala, serta bagaimana konsep pengawasan dalam fiqh siyasah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian, yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan untuk mengadakan pengamatan terhadap suatu fenomena, teknik pengumpulan data dengan cara Interview, Observasi, dan Studi Kepustakaan. Dalam melakukan tugas dan fungsi, Tuha Peut gampong Kedai Kandang kurang efektif dalam melaksanakan fungsinya sebagai lembaga pengawas di gampong Kedai Kandang, sebagaimana diamanatkan dalam Qanun No 22 Tahun 2012 tentang pemerintah gampong. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman dari anggota Tuha Peut terhadap tugas dan fungsi dari lembaga tersebut, dan juga pengaruh dari tingkat pendidikan nya yang rendah, sehingga Tuha Peut gampong Kedai Kandang dalam melaksanakan fungsi pengawasan yang kurang efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Razakul Azmi Raza
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:18
Last Modified: 24 Jan 2024 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34994

Actions (login required)

View Item
View Item