Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi 3D Menggunakan Plotagon Studio pada Materi Pencemaran Lingkungan di MTsS Darul Ihsan Aceh Besar

Nifita Maghfirah, 190207028 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi 3D Menggunakan Plotagon Studio pada Materi Pencemaran Lingkungan di MTsS Darul Ihsan Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media] Text (Pengembangan Media)
Nifita Maghfirah, 190207028, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Proses pembelajaran Biologi di MTsS Darul Ihsan Aceh Besar masih didominasi oleh guru dengan penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik seperti buku paket dan papan tulis, sehingga perlu dikembangkan suatu media yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu media berbasis video animasi 3D Plotagon. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi 3D menggunakan aplikasi Plotagon Studio pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII MTsS Darul Ihsan Aceh Besar. Rangcangan menggunakan metode Research and Development dengan model Borg and Gall yang meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk dan revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 ahli materi, 2 ahli media dan 15 peserta didik sebagai respon siswa di MTsS Darul Ihsan Aceh Besar. Teknik pengumpulan data berupa uji kelayakan media, materi dan respon siswa menggunakan rumus persentas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi mendapatkan hasil uji kelayakan media yaitu 87,5 % dengan kategori sangat layak, hasil uji kelayakan materi yaitu dengan nilai 91,34% dengan kategori sangat layak, berdasarkan rata-rata kedua skor tersebut maka diperoleh kelayakan sebesar 89,42% sehingga media animasi pencemaran lingkungan sangat layak digunakan unuk media pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan. ,dan respon siswa media video animasi mendapatkan hasil sebesar 91,66% dengan kategori sangat positif. Berdasarkan hasil uji kelayakan materi dan media serta respon pendidik dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi pada meteri pencemaran lingkungan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di MTsS Darul Ihsan Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nifita Maghfirah Nifita
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:19
Last Modified: 24 Jan 2024 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34997

Actions (login required)

View Item
View Item