Analisis Penggeseran Dan Konfigurasi Politik Partai Aceh Hasil Pemilu Legislatif 2019 (Studi Kasus di Kota Banda Aceh)

Zaki Mubarak, 160801092 (2024) Analisis Penggeseran Dan Konfigurasi Politik Partai Aceh Hasil Pemilu Legislatif 2019 (Studi Kasus di Kota Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Penggeseran Dan Konfigurasi Politik Partai Aceh Hasil Pemilu Legislatif 2019 (Studi Kasus di Kota Banda Aceh)] Text (Analisis Penggeseran Dan Konfigurasi Politik Partai Aceh Hasil Pemilu Legislatif 2019 (Studi Kasus di Kota Banda Aceh))
Zaki Mubarak, 160801092, FISIP, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Partai politik merupakan sarana partisipasi politik masyarakat dalam kehidupan demokrasi secara konstitusional dalam upaya mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia. Sedangkan Pemilu yaitu arena untuk mengekpresikan kebebasan rakyat dalam memilih pemimpinnya. Kemudian kontestasi yang digunakan anggota partai pemilu dalam meerbut hati masyarakat juga beragam. Penelitian ini secara metodelogis dilakukan dengan metode kualitatif dan data primer yang diperoleh langsung dari hasil wawancara dengan pengurus Partai Aceh dan masyarakat yang mewakili wilayah Kota Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapatnya faktor-faktor yang mempengaruhi konfigurasi politik Partai Aceh pada hasil pileg tahun 2019 di Kota Banda Aceh. Salah satu faktor tersebut adalah janji politik yang pernah disampaikan oleh elit partai yang tidak direalisasikan sehingga masyarakat kecewa, kemudian Partai Aceh tidak mendukung sepenuhnya MoU Helsinki dan UUPA.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemilu, Kontestasi, Partai Aceh.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Zaki Mubarak
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:08
Last Modified: 24 Jan 2024 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35007

Actions (login required)

View Item
View Item