Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Materi Gerak Melingkar Di SMA/MA

Dara Paramita, 190204059 (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Materi Gerak Melingkar Di SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Materi Gerak Melingkar Di SMA/MA] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Materi Gerak Melingkar Di SMA/MA)
Dara Paramita, 190204059, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Buku paket fisika yang dimiliki oleh siswa SMAN 1 Darul Imarah masih saja dianggap sulit untuk mereka pahami isinya. Hal ini menyebabkan siswa menjadi enggan untuk membaca buku paket yang menjadi sumber belajar mereka selama ini. Selain itu juga kurangnya digunakan media pembelajaran lain untuk membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran terutama pada materi yang dianggap sulit bagi mereka seperti materi gerak melingkar kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain media scrapbook sekaligus menguji kelayakan media scrapbook pada materi gerak melingkar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Four-D (4D). Tahapan-tahapan dari model Four-D (4D) terdiri dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah, lembar validasi untuk ahli materi dan ahli media. Adapun digunakannya 4 orang ahli materi dan 3 orang ahli media untuk menguji kelayakannya dari media scrapbook ini. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa persentase kelayakan materi pada media scrapbook dari aspek isi dan tujuan media pembelajaran sebesar 94,58% dalam kriteria “sangat layak”. Pada aspek nilai pendidikan didapat nilai kelayakan sebesar 87,50% dalam kriteria “sangat layak”,sehingga nilai kelayakan materi pada media scrapbook secara keseluruhan sebesar 91,04 % dalam kriteria “sangat layak”. Sedangkan persentase kelayakan media scrapbook dari aspek bahasa sebesar 100% dalam kriteria “sangat layak”. Pada aspek tampilan visual kelayakannya sebesar 95,36% dalam kriteria “sangat layak” dan pada aspek pembelajaran didapat nilai kelayakan sebesar 93,33% dalam kriteria sangat layak, sehingga nilai kelayakan media secara keseluruhan sebesar 96,23% dalam kriteria sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran scrapbook layak digunakan pada pembelajaran fisika untuk materi gerak melingkar kelas X di SMA/MA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Dara Paramita
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:54
Last Modified: 24 Jan 2024 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35008

Actions (login required)

View Item
View Item