Strategi Pembinaan Akhlak Santri Dayah Tradisional Di Tengah Masyarakat Perkotaan (Studi Kasus Dayah Bustanul Huda Gampong Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh)

Dewi Hasnida, 170201115 (2024) Strategi Pembinaan Akhlak Santri Dayah Tradisional Di Tengah Masyarakat Perkotaan (Studi Kasus Dayah Bustanul Huda Gampong Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Pembinaan Akhlak Santri Dayah  Tradisional Di Tengah Masyarakat Perkotaan (Studi Kasus Dayah Bustanul Huda Gampong Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh)] Text (Strategi Pembinaan Akhlak Santri Dayah Tradisional Di Tengah Masyarakat Perkotaan (Studi Kasus Dayah Bustanul Huda Gampong Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh))
Dewi Hasnida, 170201115, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (904kB)

Abstract

Dayah merupakan Lembaga Pendidikan agama Islam yang tidak terlepas dari perannya untuk mengajari ilmu Islam serta menekan pada nilai akhlak dan norma. Pembinaan akhlak merupakan salah satu pondasi dalam membentuk insan yang berakhlak mulia, untuk menciptakan manusia yang bertaqwa dan menjadi generasi yang berlandaskan ajaran Islam. Hal ini dilatarbelakangi oleh banyak remaja khususnya santri dalam penelitian ini masih kurang dari segi akhlak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Strategi yang dilakukan dalam pembinaan akhlak santri dayah tradisional Bustanul Huda? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak santri dayah tradisional Bustanul Huda? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang digunakan meliputi strategi materi dan praktek seperti keteladanan, pembiasaan, pemberian nasehat, kedisiplinan, pujian dan sanksi. Selain itu juga melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti adanya ceramah di setiap jum’at dan kegiatan tahunan seperti memperingati hari besar Islam. Adapun faktor pendukung dalam pembinaan akhlak santri yaitu adanya kerjasama yang baik antar pengajar, adanya dorongan dari orang tua, dan adanya kemauan belajar dari santri. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya disiplin, minimnya kemauan untuk belajar. Hal tersebut dikarenakan bawaan dari santri ketika sebelum masuk ke dayah atau lingkungan tempat tinggalnya yang membuat sikap santri kurang baik. Dengan demikian penggunaan strategi pembinaan akhlak di Dayah Bustanul Huda menjadi kunci utama agar mereka nantinya dapat berperilaku berakhul karimah bukan hanya di dayah akan tetapi pada kehidupan sosial bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembinaan Akhlak Santri.
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dewi Hasnida
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:12
Last Modified: 24 Jan 2024 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35018

Actions (login required)

View Item
View Item