Peran Organisasi Himpunan Mahasiswa Prodi Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Mahasiswa Prodi PAI FTK UIN Ar-Raniry

Yunda Oza Umairah, 170201102 (2024) Peran Organisasi Himpunan Mahasiswa Prodi Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Mahasiswa Prodi PAI FTK UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Organisasi Himpunan Mahasiswa Prodi Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Mahasiswa Prodi PAI FTK UIN Ar-Raniry] Text (Peran Organisasi Himpunan Mahasiswa Prodi Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Mahasiswa Prodi PAI FTK UIN Ar-Raniry)
Yunda Oza Umairah, 170201102, FTK, PAI, 085275470704.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Peran organisasi diperlukan guna membantu seorang mahasiswa dalam membentuk karakter-karakter sosial seperti kreativitas, meningkatkan disiplin dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran organisasi himpunan mahasiswa prodi dalam meningkatkan kedisiplinan mahasiswa prodi PAI FTK UIN Ar-Raniry terkhusus terhadap mahasiswa yang tergabung di dalamnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek yang diwawancarai dalam penelitian ini adalah ketua umum, wakil ketua, sekretaris, 4 ketua divisi dan satu anggota biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan dari segi aspek pelaksanaan program kerja, pelaksanaan jadwal piket dan menghadiri kegiatan rapat, mahasiswa/i himpunan mahasiswa prodi PAI belum mencerminkan sikap kedisiplinan secara menyeluruh atau sebagian individu saja dan organisasi himpunan mahasiswa prodi PAI belum mampu untuk berperan dalam meningkatkan kedisiplinan dalam 3 hal yaitu disiplin waktu, disiplin dalam menegakkan aturan dan disiplin dalam bersikap. Adapun hambatan yang dihadapi organisasi himpunan mahasiwa prodi dalam meningkatkan kedisiplinan adalah terdapat pada faktor internal individu seperti masih belum adanya kesadaran diri akan kedisiplinan pada diri sendiri dimanapun ia berada dan faktor eksternal yang berkaitan dengan berhalangan dalam kehadiran dalam suatu kegiatan yang diakibatkan sulit perizinan perkuliahan, transportasi dan lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran, Organisasi Himpunan Mahasiswa Prodi, Kedisiplinan
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunda Oza Umairah
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:11
Last Modified: 24 Jan 2024 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35022

Actions (login required)

View Item
View Item