Perilaku Anak dari Single Parent di Gampong Warabo Kecamatan Montasik

Miftahul Jannah, 160201138 (2024) Perilaku Anak dari Single Parent di Gampong Warabo Kecamatan Montasik. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perilaku Anak dari Single Parent di Gampong Warabo Kecamatan Montasik] Text (Perilaku Anak dari Single Parent di Gampong Warabo Kecamatan Montasik)
Miftahul Jannah, 160201138, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Perilaku adalah suatu kegiatan dan aktivitas organisme seseorang baik aktivitas yang dapat diamati atau tidak dapat diamati orang lain. Orang tua tunggal (single parent) adalah orang tua dalam keluarga yang tinggal sendiri baik ayah atau ibu saja yang mengurus dan melanjutkan kebutuhan keluarga terhadap anak-anaknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) perilaku anak dari orang tua single parent, dan (b) hal apa saja yang mempengaruhi perilaku anak dari orang tua single parent di Gampong Warabo Kecamatan Montasik. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan sejumlah data yang relevan untuk diseleksi sesuai kebutuhan penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa: (a) perilaku anak dari orang tua single parent, secara keseluruhan berperilaku baik walaupun terdapat beberapa perilaku buruk seperti: berkata kasar, dan susah menerima nasehat orang tua. Hal ini dikarenakan kurangnya pengawasan efektif orang tua single parent dalam mendidik anak sehingga waktunya sering digunakan untuk mengurus anak dan pekerjaan rutinnya, dan (b) hal yang mempengaruhi perilaku anak dari orang tua single parent di Gampong Warabo Kecamatan Montasik antara lain faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun faktor dukungan dari anggota keluarga lain seperti: kakek, nenek, paman, bunda, guru ngaji, guru sekolah, dan tetangga sekitarnya. Untuk faktor penghambat yang mempengaruhi dalam membentuk perilaku dari orang tua single parent yaitu sulitnya orang tua single parent dalam membagi waktu untuk mendidik anak dan bekerja, namun mereka menyakini bahwa bisa melewatinya dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Anak, Single Parent
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miftahul Jannah
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:12
Last Modified: 24 Jan 2024 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35024

Actions (login required)

View Item
View Item