Metode Memelihara Hafalan Alquran Di Darul Quran Kuala Kubu Baru Selangor Malaysia

Annisaa Binti Mohamad Halif, 160303113 (2024) Metode Memelihara Hafalan Alquran Di Darul Quran Kuala Kubu Baru Selangor Malaysia. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Metode Memelihara Hafalan Alquran Di Darul Quran Kuala Kubu Baru Selangor Malaysia] Text (Metode Memelihara Hafalan Alquran Di Darul Quran Kuala Kubu Baru Selangor Malaysia)
Annisa Binti Mohamad Halif, 160303113, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Menghafal Alquran merupakan salah satu perbuatan yang mulia. Di samping menambah hafalan baru, harus disertai dengan pemeliharaan hafalan. Untuk mengetahui pelaksanaan metode memelihara hafalan para hufaz di Darul Quran Kuala Kubu Baru, Selangor, penelitian ini bertujuan untuk meneliti metode memelihara hafalan yang diterapkan, mengetahui faktor pendukung dan peran Darul Quran Kuala Kubu, Selangor dalam pengembangan pendidikan tahfiz Alquran.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat enam metode yang digunakan yaitu tadarus, sima’an, tashil, tarkiz, tarsikh, tafaqqud dan murajaah. Seterusnya pelaksanaan metode memelihara hafalan meliputi 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pertama, persiapan untuk menyetorkan hafalan. Kedua, pelaksanaan memelihara hafalan terbagi menjadi 3 yaitu secara sendiri, bersama rekan atau bersama ustaz/ustazah. Ketiga, evaluasi yang dilakukan menggunakan tes syafawi (lisan) dan tahriri (tulisan) setiap semester. Seterusnya, faktor pendukung dalam memelihara hafalan Alquran yaitu kedisiplinan dan motivasi dari orang-orang terdekat pelajar, adanya kegiatan memelihara hafalan terkontrol dan banyaknya mengulang hafalan. Terakhir, Darul Quran Kuala Kubu Baru, Selangor berperan dalam merencanakan sistem pengajaran dan pembelajaran yang teratur dan sistematis di samping turut menyediakan sarana dan prasarana yang baik dan nyaman untuk memudahkan pelajar dalam memelihara hafalam Al-Quran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Annisaa Binti Mohamad Halif
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:13
Last Modified: 24 Jan 2024 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35025

Actions (login required)

View Item
View Item