Pelayanan Administrasi Pemerintahan Di Gampong Meunasah Tutong Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar

Rauzatul Rizkia, 180802135 (2024) Pelayanan Administrasi Pemerintahan Di Gampong Meunasah Tutong Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN AR-RANIRY Banda Aceh.

[thumbnail of Judul] Text (Judul)
RAUZATUL RIZKIA FIX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Terdapat beberapa permasalahan terkait pelayanan administrasi di Gampong Meunasah Tutong seperti pelaksanaan tugas-tugas administrasi yang kurang efektif dan efisien serta belum tersedianya standar komponen pelayanan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan administrasi pemerintahan di Gampong Meunasah Tutong serta tantangan pelayanan administrasi pemerintahan di Gampong Meunasah Tutong. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan penelitian yaitu aparatur gampong dan masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi pemerintahan di Gampong Meunasah Tutong dilihat dari aspek kesederhanaan pelayanan dilakukan tidak berbelit-belit, serta memberikan kemudahan bagi masyarakat. Aspek kejelasan layanan diberikan sesuai persyaratan teknis dan administratif. Aspek kepastian waktu layanan diberikan tidak mempunyai kepastian terkait jam kerja. Aspek akurasi layanan menghindari terjadi kesalahan produk yang dibutuhkan masyarakat. Aspek keamanan aparatur Gampong Meunasah Tutong menciptakan rasa aman dan tentram kepada masyarakat. Aspek tanggung jawab harus mengetahui pihak aparatur gampong. Kelengkapan Sarana dan Prasarana layanan administrasi di Gampong Meunasah Tutong belum memadai. Tantangan pelayanan administrasi pemerintahan di Gampong Meunasah Tutong yaitu tantangan dalam mekanisme atau prosedur kerja belum adanya standar operasional khusus dari gampong, melainkan hanya berpedoman pada peraturan perundang-undangan dari pemerintah, dan tantangan lainnya tidak adanya kantor keuchik yang menjadi pusat sentra dalam pelayanan. Oleh karena itu secara prosedur layanan administrasi sudah dilakukan sesuai ketentuan, namun dalam aspek ketersediaan sarana dan prasarana yang seharusnya ada dalam memberikan layanan, namun di Gampong Meunasah Tutong ada yang belum lengkap bahkan terdapat sarana dan prasarana yang tidak ada sama sekali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Rauzatul Rizkia Rauzatul
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:40
Last Modified: 24 Jan 2024 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35029

Actions (login required)

View Item
View Item