Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Metode Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Siswa Pada Smkn 1 Labuhan Haji Timur

Ahmad Dhairabi, 170212143 (2024) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Metode Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Siswa Pada Smkn 1 Labuhan Haji Timur. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Metode Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Siswa Pada Smkn 1 Labuhan Haji Timur] Text (Membahas tentang Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Metode Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Siswa Pada Smkn 1 Labuhan Haji Timur)
Ahmad Dhairabi, 170212143, FTK, PTI, 082248830255.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan pada mata pelajaran Simulasi Digital di SMKN 1 Labuhan Haji Timur , yang menunjukkan bahwa guru masih memberikan materi secara lisan kepada siswa. Siswa juga terlihat canggung untuk bertanya langsung kepada guru terkait materi pelajaran yang tidak dipahaminya, tetapi lebih memilih bertanya kepada temannya yang lebih mengerti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran PBL dengan menggunakan metode Peer Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital dan ntuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran PBL dengan menggunakan metode Peer Teaching untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital. Penelitian ini menggunakan metode pre experimental (One Group Pre Test-Post Test Design). Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran PBL dengan metode peer teaching. Hal ini dapat diketahui dari perolehan nilai rata-rata pre-test < post-test (50,9 < 86,9). Kemudian perolehan uji-t yaitu thitung > ttabel (7,38 > 1,83) maka Ha diterima. Sedangkan respon siswa mengenai minat belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL dengan metode peer teaching sebagian besar siswa berpendapat positif dimana hasil analisa menunjukkan 82% yang termasuk kategori sangat tertarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dengan metode peer teaching dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa kelas X SMKN 1 Labuhan Haji Timur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Ahmad Dhairabi
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:17
Last Modified: 26 Jan 2024 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35034

Actions (login required)

View Item
View Item