Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan

Magfirah Mahara, 190209096 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan] Text (Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan)
Magfirah Mahara, 190209096, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi siswa kelas I SD Negeri Lamklat, Kabupaten Aceh Besar, yang masih sangar rendah. Pada saat membaca siswa hanya mampu menyebutkan huruf abjad pada bacaan secara berurutan dari A-Z, jika huruf diacak banyak siswa yang belum mampu mengingat bacaan huruf dengan tepat, selain itu pelafalan dan intonasi mereka dalam membaca juga belum tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design jenis One Group Pre-test-Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas 1 yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data menggunakan tes lisan Pre-test dan Post-test. Penyelesaian hasil uij kemampuan membaca permulaan dilakukan dengan uji statistik dengan taraf signifikan 0,05 dan menggunakan rumus presentase bahwa penggunaan picture and picture memiliki pengaruh terhadap membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri Lamklat setelah diperoleh tHitung= 4,395 dan tTabel = 1,721 maka diperoleh tHitung ≥ tTabel atau 4,395 > 1,721. Maka dapat disimpulkan dari penjelasan diatas bahwa hipotesis pada penelitian ini Ho diterima. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata Pre-test 51,363 dan Post-test 91,363. Sehingga analisis data menunjukkan terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri Lamklat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Magfirah Mahara Magfirah
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:30
Last Modified: 25 Jan 2024 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35037

Actions (login required)

View Item
View Item