Strategi Guru Dalam Menerapkan Metode Bernyanyi Anak Usia 4 – 5 Tahun Di TK Warahmah Aceh Selatan

Izzah Paradila, 180210102 (2024) Strategi Guru Dalam Menerapkan Metode Bernyanyi Anak Usia 4 – 5 Tahun Di TK Warahmah Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Strategi Guru Dalam Menerapkan Metode Bernyanyi Anak Usia 4 – 5 Tahun Di TK Warahmah Aceh Selatan] Text (Strategi Guru Dalam Menerapkan Metode Bernyanyi Anak Usia 4 – 5 Tahun Di TK Warahmah Aceh Selatan)
Izzah Paradila, 180210102, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran di TK Warrahmah terletak pada kurangnya pemahaman guru dalam hal menerapkan metode bernyanyi pada anak. Permasalahan lainnya adalah kurangnya alat peraga yang dimiliki di TK Warrahmah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan guru dalam menyusun strategi pembelajaran khususnya pada metode bernyanyi pada anak usia 4 – 5 tahun di TK Warrahmah. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif. Subjek penelitian adalah dua orang guru yang mengajar di TK A (4-5 tahun), sedangkan objek penelitian ini adalah strategi yang guru gunakan dalam menerapkan metode bernyanyi pada anak usia 4-5 tahun di TK Warrahmah Aceh Selatan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang guru gunakan dalam menerapkan metode bernyanyi pada anak masih kurang maksimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi maupun hasil wawancara yang menyatakan bahwa masih kurangnya pemahaman guru dalam hal menerapkan metode bernyanyi pada anak. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana cara guru memperagakan nyanyian saat metode bernyanyi diterapkan. Serta kurangnya alat peraga (media) yang gunakan oleh guru di TK Warrahmah sehingga proses pembelajaran menjadi kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Izzah Paradila
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:39
Last Modified: 25 Jan 2024 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35046

Actions (login required)

View Item
View Item