Pengelolaan Administrasi Dalam Peningkatan Pelayanan Pendidikan Di SMA Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar

Putri Rahayu, 190206077 (2023) Pengelolaan Administrasi Dalam Peningkatan Pelayanan Pendidikan Di SMA Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pelayanan Pendidikan] Text (Pelayanan Pendidikan)
Putri Rahayu, 190206077, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pengelolaan administrasi pendidikan seringkali dikesampingkan terutama dalam upaya peningkatan pelayanan pendidikan. Pemilihan staf yang berkualitas, penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan melibatkan orang tua dalam pengambilan keputusan, menyediakan saluran komunikasi yang terbuka, dan mengadakan pertemuan regular merupakan komponen kunci dalam pengelolaan administrasi sekolah. Adapun permasalahan yang ditemukan adalah masih rendahnya kualitas pengelolaan administrasi sekolah yang berdampak pada rendahnya tingkat pelayanan pendidikan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses administrasi, bentuk kepatuhan sekolah terhadap pedoman administrasi, dan kemampuan administrasi staf dalam peningkatan pelayanan di SMA Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dan orangtua/wali peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses administrasi dalam peningkatan pelayanan Pendidikan di SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar masih kurang efektif dikarenakan adanya pelayanan yang kurang maksimal. Kemudian bentuk kepatuhan sekolah terhadap pedoman administrasi dalam peningkatan pelayanan pendidikan telah terlaksana dengan baik sehingga SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar juga telah mendapatkan akrditasi A. Sedangkan kemampuan administratif staf dalam peningkatan pelayanan pendidikan masih dikatakan kurang maksimal, sehingga diperlukan peningkatan dan pengembangan kemampuan staf. Dapat disimpulkan bahwa proses administrasi masih kurang efektif, tingkat kepatuhan sekolah sudah sangat baik, serta kemampuan administratif staf terbilang masih kurang maksimal, sehingga perlu adanya pengembangan serta peningkatan kembali untuk yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Putri Rahayu Ayu
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:47
Last Modified: 25 Jan 2024 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35047

Actions (login required)

View Item
View Item