Penerapan Pendekatan RME Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas II SDN Lamklat Aceh Besar

Irmayunita, 190209087 (2024) Penerapan Pendekatan RME Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas II SDN Lamklat Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan RME Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas II SDN Lamklat Aceh Besar] Text (Penerapan Pendekatan RME Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas II SDN Lamklat Aceh Besar)
Irmayunita, 190209087, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di kelas II SDN Lamklat Aceh Besar terdapat beberapa siswa belum memahami konsep perkalian dan pembagian hal ini dilihat dari hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Oleh karena itu, peneliti menerapkan pendekatan RME dengan model Discovery Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian dan pembagian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian dan pembagian bagi siswa sesudah menerapkan pendekatan RME dengan model Discovery Learning kelas II SDN Lamklat Aceh Besar. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas II berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 87,5%, siklus II memperoleh persentase 97,5%, sedangkan pada siklus III meningkat dengan persentase 98,75%. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 78,75%, siklus II memperoleh persentase 82,5% dan pada siklus III meningkat dengan persentase 88,75% dengan kriteria sangat baik. Adapun kemampuan pemahaman konsep perkalian dan pembagian pada siklus I memperoleh persentase 50,0%, pada siklus II memperoleh persentase 76,0% dan pada siklus III meningkat dengan persentase 85,71%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian dan pembagian di kelas II SDN Lamklat Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Irmayunita Irma
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:38
Last Modified: 25 Jan 2024 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35048

Actions (login required)

View Item
View Item