Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA/MA

Nurul Fadhilah Ammar, 190205061 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA/MA] Text (Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA/MA)
Nurul Fadhilah Ammar, 190205061, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan modal penting yang harus dimiliki siswa dalam menguasai pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Sehingga dibutuhkan suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu dengan menerapkan suatu model pembelajaran yaitu model pembelajaran learning cycle 5e. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5e dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitiannya adalah pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 4 Aceh Besar. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. pengumpulan data menggunakan lembar soal pretest-posttest. Hasil pengolahan data menggunakan statistik uji-t pihak kanan, diperoleh t_(hitung )=8,28 dan t_(tabel )=1,67. Karena t_(hitung )> t_(tabel ) maka terima H_1 dan tolak H_0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5e lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Fadhilah Ammar
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:55
Last Modified: 25 Jan 2024 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35050

Actions (login required)

View Item
View Item