Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP

Annisa Fazwa, 190205046 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP)
Annisa Fazwa, 190205046, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan modal penting yang harus di miliki siswa dalam menguasai pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Salah satu usaha untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu dengan menerapkan suatu model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Darussalam. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang sampelnya terdiri sari dua kelas yaitu kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan statistik uji-t pihak kanan, diperoleh t_hitung=6,96 dan t_tabel=2,02. Karena t_hitung> t_tabel maka terima H_1 dan tolak H_0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat selama proses pembelajaran pada kelas eksperimen bahwa siswa lebih cermat dalam memahami permasalahan maupun pengetahuan dalam menyelesaikan masalah pada LKPD sesuai dengan tahapan penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Annisa Fazwa
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:55
Last Modified: 25 Jan 2024 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35052

Actions (login required)

View Item
View Item