Pengaruh Akun Instagram @Acehtourismtravel Terhadap Minat Followersnyaberkunjung Ke Tempat Wisata Di Aceh

Safriza Gunawan, 180401062 (2024) Pengaruh Akun Instagram @Acehtourismtravel Terhadap Minat Followersnyaberkunjung Ke Tempat Wisata Di Aceh. Other thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Akun Instagram @Acehtourismtravel Terhadap Minat Followersnya] Text (Pengaruh Akun Instagram @Acehtourismtravel Terhadap Minat Followersnya)
Skripsi Safriza Gunawan (180401062).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (7MB)

Abstract

@acehtourismtravel merupakan salah satu dari akun yang mempromosikan pariwisata Indonesia khususnya daerah Aceh. Akun instagram @acehtourismtravel berperan sebagai alat promosi wisata untuk wilayah Aceh, dengan followers sebanyak 31,3 ribu (8 Desember 2023) dan juga telah memposting 1.029 foto maupun video yang berkaitan dengan travelling ataupun wisata yang ada di Aceh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh akun @acehtourismtravel di Instagram terhadap minat followersnya mengunjungi tempat wisata di Aceh serta untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap minat followers untuk mengunjungi tempat wisata di Aceh setelah mengikuti akun @acehtourismtravel di Instagram. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan menggunakan statistik inferensial yakni teknik statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi yang jelas, dan teknik pengambilan sampel dari populasi tersebut dilakukan secara random. Berdasarkan rumus Taro Yamane dari jumlah total populasi followers akun @acehourismtravel diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 orang sampel. Dalam pengumpulan data, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh akun instagram @acehtourismtravel terhadap minat followers. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil dari uji korelasi dan regresi menunjukkan antara variabel X dengan variabel Y memiliki hubungan yang kuat yakni sebesar 81,5%. Dari uji F pada variabel X terhadap Y yang diperoleh sebesar 432,854 . Nilai tersebut lebih besar dari Ftabel yaitu 3,94 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (kurang dari 0,05). Hal tersebut menguatkan hasil dari Uji t bahwa H0 ditolak sementara Ha diterima. Adapun faktor yang paling berpengaruh terhadap minat followers untuk mengunjungi tempat wisata di Aceh setelah mengikuti akun @acehtourismtravel di Instagram adalah captions. Hal tersebut terbukti dari hasil Diagram 4.2 yang menunjukkan bahwa faktor captions memiliki persentase tertinggi sebanyak 88,76%.

Kata Kunci : Instagram, @acehtourismtravel, Minat Berkunjunng, Teori Pengaruh Sosial Informasional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 050 Magazines, Journals & Serials
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Safriza Gunawan
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:54
Last Modified: 25 Jan 2024 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35054

Actions (login required)

View Item
View Item