Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Berbantuan Phet Simulation Pada Materi Fluida Dinamis Di SMA/MA

Irawati Wahyuni, 190204057 (2024) Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Berbantuan Phet Simulation Pada Materi Fluida Dinamis Di SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Berbantuan Phet Simulation Pada Materi Fluida Dinamis Di SMA/MA] Text (Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Berbantuan Phet Simulation Pada Materi Fluida Dinamis Di SMA/MA)
Irawati Wahyuni, 190204057, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Physich Education and Techhnology (PhET) Simulation merupakan simulasi animasi pembelajaran bersifat interaktif khususnya untuk membantu peserta didik dalam memahami konsep fisika. Masalah yang sering dihadapi dalam pembelajaran fisika adalah kurangnya minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah, selain itu keterbatasannya bahan ajar atau perangkat pembelajaran untuk memfasilitasi peserta didik dalam memperkaya pengalaman tersebut akan mempengaruhi kualitas pembelajaran. Fakta yang diperoleh dari lapangan yaitu masih menggunakan pembelajaran konvensional yaitu guru lebih berperan aktif dalam menyampaikan pembelajaran. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah mendesain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Berbantuan PhET Simulation Pada Materi Fluida Dinamis dan untuk mengetahui kelayakanLKPD Berbasis Inkuiri Berbantuan PhET Simulation Pada Materi Fluida Dinamis.Metode yang digunakan adalah menggunakan metode R&D (Research and Development)dengan model digunakan dalam pengembangan ini adalah 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu terdiri dari tahapan Pendefinisian (Define), Perancangaan (Design), Pengembangan (Development) dan Penyebaran (Disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli yang terdiri dari dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah LKPD Berbasis Inkuiri Berbantuan PhET Simulation Pada Materi Fluida Dinamis. Hasil dari validasi ahli materi dengan aspek kelayakan isi 97%, aspek kelayakan penyajian 94% dan aspek kebahasaan 96%, dengan jumlah rata-rata seluruh skor diperoleh hasil persentase sebesar 96%. Hasil dari validasi ahli media dengan aspek tampilan 93% dan aspek pemograman 87%. Dapat disimpulkan bahwa LKPD Berbasis Inkuiri Berbantuan PhET Simulation Pada Materi Fluida Dinamis di SMA/MA dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Inkuiri, PhET Simulation, Fluida Dinamis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Irawati Wahyuni
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:10
Last Modified: 25 Jan 2024 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35056

Actions (login required)

View Item
View Item