Perencanaan Sistem Pemanenan Air Hujan Di Pondok Pesantren Darul Aitami Kabupaten Aceh Barat

Rijal Effendi, 200702004 (2024) Perencanaan Sistem Pemanenan Air Hujan Di Pondok Pesantren Darul Aitami Kabupaten Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Perencanaan Sistem Pemanenan Air Hujan Di Pondok Pesantren Darul Aitami Kabupaten Aceh Barat] Text (Perencanaan Sistem Pemanenan Air Hujan Di Pondok Pesantren Darul Aitami Kabupaten Aceh Barat)
Rijal Effendi, 200702004, FST, TL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Sumber air bersih Pesantren Darul Aitami berasal dari air tanah, namun belum dapat mencukupi kebutuhan para santri dan air cenderung keruh serta bewarna kuning. Sehingga dibutuhkan alternatif sumber air lain dan Pemanenan Air Hujan (PAH) sesuai diterapkan di berbagai bangunan kompleks pendidikan seperti bangunan asrama pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi air hujan dan desain sistem pemanenan air hujan di Pesantren Darul Aitami. Metode menentukan kualitas air hujan dilakukan dengan menampung air di tiap hari hujan selama lima hari lalu dilakukan pengujian parameter fisik. Metode analisis hujan rencana menggunakan distribusi Log Normal dan menentukan itensitas dengan metode mononobe dengan Periode Ulang Tahun 2 tahun selama 1 jam sebesar 54.46 mm/jam. Hasil penelitian menunjukkan pemanenan air hujan berdasarkan kualitas air hujan memenuhi syarat untuk dijadikan alternatif penggunaan air bersih dan potensi pemanenan berdasarkan kuantitas air hujan dapat memenuhi kebutuhan harian untuk empat asrama, serta dapat menjadi alternatif untuk 1 asrama dan mushola. Desain pemanenan air hujan berdasarkann hasil perhitungan didapatkan untuk dimensi Perpipaan perpipaan tegak dan talang adalah 4, 5, 8, dan 10 inci dengan nilai kemiringan sama sebesar 1% dan pipa horizontal diameter 3 inci. Volume bak penampung tiap asrama adalah 2000, 2250, 3000, 5700 liter.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Rijal Effendi
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:34
Last Modified: 25 Jan 2024 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35065

Actions (login required)

View Item
View Item