Efektivitas Penerapan Metode Read Aloud Terhadap Kemampuan Pengenalan Kosa Kata Anak Di TK Cantika Kirana Abdya

Siti Hadisah, 180210103 (2024) Efektivitas Penerapan Metode Read Aloud Terhadap Kemampuan Pengenalan Kosa Kata Anak Di TK Cantika Kirana Abdya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Metode Read Aloud] Text (Metode Read Aloud)
Siti Hadisah, 180210103, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Kemampuan penenalan kosa kata anak kelompok B-1 di TK Cantika Kirana masih ada anak yang belum mampu mengenal huruf dan belum mampu menyebutkan simbol, dan bunyi huruf dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Penerapan Metode Read Aloud Terhadap Kemampuan Pengenalan Kosa Kata Anak di TK Cantika Kirana. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan, dalam bentuk One group Prettest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi cheklis untuk melihat Efektivitas Penerapan metode Read Aloud Terhadap Kemampuan Pengenalan Kosa Kata Anak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi anak kelompok B sebanyak 46 Orang, sedangkan sampel hanya 25 yakni kelompok B-1. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Penerapan Metode Read Aloud Efektif terhadap kemampuan pengenalan kosa kata anak kelompok B di TK Cantika Kirana. Hal ini ditandai peningkatan nilai pre test sebesar 36,71 menjadi 58,71 pada post test dengan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai t_(hitung )sebesar = 2,44 > t_(tabel ) 1,711 sehingga H_(a ) diterima dan H_(a )ditolak. Artinya Penerapan Metode Read Aloud Efektif terhadap kemampuan pengenalan kosa kata anak pada anak usia 5-6 tahun di TK Cantika Kirana.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Siti Hadisah Siti
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:48
Last Modified: 25 Jan 2024 03:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35067

Actions (login required)

View Item
View Item