Perubahan Kehidupan Masyarakat Kampung Oboh Pasca Penetapan Cagar Budaya Makam Hamzah Fansuri Di Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam

Mardiansyah Kombih, 190404005 (2024) Perubahan Kehidupan Masyarakat Kampung Oboh Pasca Penetapan Cagar Budaya Makam Hamzah Fansuri Di Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Perubahan Kehidupan Masyarakat Kampung Oboh Pasca Penetapan Cagar Budaya Makam Hamzah Fansuri Di Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam] Text (Perubahan Kehidupan Masyarakat Kampung Oboh Pasca Penetapan Cagar Budaya Makam Hamzah Fansuri Di Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam)
Mardiansyah Kombih, 190404005, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah perubahan kehidupan Masyarakat Kampung Oboh Pasca penetapan Cagar Budaya Makam Hamzah Fansuri di Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam, Hamzah Fansuri adalah tokoh intletual yang mempelajari ilmu tassawuf, ada beberapa perubahan pada masyarakat Kampung Oboh perubahan ekonomi, perubahan sosial, dan perubahan agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perubahan kehidupan kehidupan Masyrakat di Kampung Oboh pasca di tetapkan Makam Hamzah Fansuri sebagai Cagar Budaya dan bagaimana Masyarakat Kampung Oboh memanfaatakanya sebagai tempat untuk meperbaiaki perekonomian Masyarakat Kampung Oboh. Untuk mengetahui hal tersebut peneliti menggunakan metode penelitian yang bersifat deskritif kualitatif sehingga menyajikan data yang akurat dan digambarkan secara jelas seperti kondisi sebenaranya. Teknik pengambilan sempel mengunakan Teknik pourposivesampling dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat bahwa perubahan Kampung Oboh pasca penetapan Makam Hamzah Fansuri sebagai Cagar Budaya sudah berjalan dari segi perubahan Ekonomi, sosial, dan agama. Namun perubahan tersebut belum semua Masayarkat Kampung Oboh merasakannya dikarnakan adanya penghambat penghambat perubahan namun setelah di tetapkannya Makam Hamzah Fansuri sebagai Cagar Budaya perubahan perkonomian, sosial dan agama, Masyarakat Kampung Oboh sudah mulai membaik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mardiansyah Kombih Dian
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:23
Last Modified: 29 Jan 2024 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35073

Actions (login required)

View Item
View Item