Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di SMA/MA

Lisnawati, 170204043 (2024) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di SMA/MA] Text (Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di SMA/MA)
Lisnawati, 170204043, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia yaitu dengan perbaikan kurikulum. Namun salah satu penyebab lainnya dikarenakan kurangnya pemahaman pendidik tentang kurikulum 2013 dan belum tersedianya perangkat pembelajaran yang memperhatikan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA/MA. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari dari define,design,develop dan dessiminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan RPP berbasis PBL ini berupa lembar validasi yang dinilai olleh validator materi dan media. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa RPP yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan memperoleh skor rata-rata 88,3% dengan kategori sangat layak. Hasil validator media memperoleh skor rata-rata 91,75% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, RPP berbasis PBL pada materi elastisitas dan hukum hooke layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Lisnawati Lisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:39
Last Modified: 26 Jan 2024 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35074

Actions (login required)

View Item
View Item