Identifikasi Mikroplastik Pada Sedimen dan Kerang Kepah (Polymesoda Erosa) Di Perairan Lampulo Banda Aceh

Nur Rizka Jamalia, 190702025 (2023) Identifikasi Mikroplastik Pada Sedimen dan Kerang Kepah (Polymesoda Erosa) Di Perairan Lampulo Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Identifikasi Mikroplastik pada Sedimen dan Kerang Kepah (Polymesoda erosa) di Perairan Lampulo Banda Aceh] Text (Identifikasi Mikroplastik pada Sedimen dan Kerang Kepah (Polymesoda erosa) di Perairan Lampulo Banda Aceh)
Tugas Akhir Nur Rizka Jamalia 9 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Persebaran mikroplastik di perairan khususnya pada sedimen sangat berbahaya bagi biota laut. Apabila biota tersebut mengonsumsi mikroplastik maka dapat menimbulkan resiko yang berbahaya bagi manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelimpahan, polimer dan karakteristik mikroplastik berdasarkan bentuk, warna, dan ukuran pada sedimen dan kerang kepah di perairan Lampulo Banda Aceh. Penelitian ini dimulai dengan pengambilan sampel, preparasi sampel dan analisis mikroskopis. Identifikasi menggunakan mikroskop binokuler dengan perbesaran 4×/0.10, dan identifikasi jenis polimer menggunakan FTIR. Beberapa jenis mikroplastik yang ditemukan adalah fragmen, fiber, dan film. Kelimpahan mikroplastik pada sampel sedimen berjumlah 1910 partikel/kg, sedangkan pada sampel kerang kepah berjumlah 2500 partikel/kg. Hasil analisis mikroplastik menggunakan FTIR pada sampel kerang kepah menunjukkan adanya polimer mikroplastik jenis Polypropylene (PP), Polystyrene (PS), Polyamide (PA), High-density polyethylene (HDPE), dan Low-density polyethylene (LDPE). Sumber-sumber mikroplastik tersebut berasal dari sampah rumah tangga dan aktivitas penduduk setempat. Sehingga hal tersebut menjadi faktor keberadaan mikroplastik di perairan dan menimbulkan masalah bagi biota yang hidup di perairan Lampulo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Nur Rizka Jamalia Rizka
Date Deposited: 26 Feb 2024 04:58
Last Modified: 26 Feb 2024 04:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35077

Actions (login required)

View Item
View Item