Penerapan Metode Bernyanyi Dengan Gerakan Berbasis Tema Untuk Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Di TK Labuhan Tarok Aceh Selatan

Wulan Indah Sari, 180210003 (2024) Penerapan Metode Bernyanyi Dengan Gerakan Berbasis Tema Untuk Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Di TK Labuhan Tarok Aceh Selatan. Other thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Wulan Indah Sari, 180210003, FTK, PIAUD, 085297259040.pdf] Text
Wulan Indah Sari, 180210003, FTK, PIAUD, 085297259040.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Rasa percaya diri pada anak usia dini dapat dilakukan melalui metode bernyanyi dengan gerakan berbasis tema. Anak usia 5-6 tahun pada dasarnya sudah memiliki rasa percaya diri, namun berdasarkan hasil observasi awal di TK Labuhan Tarok Aceh Selatan anak masih terlihat ragu-ragu, dan tidak mau untuk tampil ke depan kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode bernyanyi dengan gerakan berbasis tema dapat berpengaruh untuk mengembangkan rasa percaya diri anak TK Labuhan Tarok Aceh Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga sampel yang terpilih adalah anak kelas B yaitu 13 orang anak. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi, indikator penelitian adalah berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu, mampu membuat keputusan dengan cepat, tidak mudah putus asa, tidak canggung dalam bertindak, berani maju ke depan kelas dan berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan. Hasil (pretest) yaitu 10.38 dan hasil (posttest) yaitu 14.46. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample test dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Jadi nilai signifikansi < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima t hitung sebesar 53.000 > t tabel 2.179. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode bernyanyi dengan gerakan berbasis tema untuk perkembangan rasa percaya diri anak di TK Labuhan Tarok Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Wulan Indah Sari
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:52
Last Modified: 26 Jan 2024 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35081

Actions (login required)

View Item
View Item