Hambatan Komunikasi Budaya Antara Budaya Aceh Dan Batak

Firmansyah, 180401022 (2024) Hambatan Komunikasi Budaya Antara Budaya Aceh Dan Batak. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hambatan komunikasi budaya antara budaya aceh dan batak] Text (Hambatan komunikasi budaya antara budaya aceh dan batak)
Skripsi Firmansyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6MB)

Abstract

Komunikasi antarbudaya merupakan suatu proses penyampaian informasi atau pesan dimana pelakunya adalah dua orang atau lebih yang memiliki budaya berbeda. Dalam hal ini komunikasi antarbudaya tersebut dilakukan oleh masyarakat Aceh dan Masyarakat Batak di Aceh. Membahas tentang bagaimana proses komunikasi antrabudaya masyarakat Aceh dan masyarakat Batak di Aceh serta hambatan-hambatannya. Penelitian ini bertujuan dapat mengetahuai bagaimana proses komunikasi serta apa saja yang menjadi faktor penghambat komunikasi antarbudaya masyarakat Aceh dan masyarakat batak di Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan memperoleh data dengan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori akomodasi yang membahas tentang penyesuaian diri dengan lawan bicara. Hasil penelitian yang penulis lakukan memperlihatkan bahwa proses komunikasi antarbudaya masyarakat Aceh dan masyarakat Batak di Aceh terjalin dalan intesitas yang rendah, dalam proses komunikasi antarbudaya mereka menggunakan bahasa Indonesia sebagai penghubung komunikasi, dan mereka juga menggunakan komunikasi secara verbal dan non verbal. Namun dalam proses komunikasi antarbudaya masyarakat Aceh dan Batak masih terdapat beberapa hambatan yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor fisik, budaya, bahasa, stereotip, dan persepsi.

Kata kunci: Komunikasi antarbudaya, bahasa, Masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Firman Syah
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:37
Last Modified: 26 Jan 2024 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35086

Actions (login required)

View Item
View Item