Pengelolan Wisata Islami Pantan Terong Dalam Meningkatkan Kenyamanan Wisatawan Di Gampong Tensaren, Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah

Selvia Nola, 190403011 (2024) Pengelolan Wisata Islami Pantan Terong Dalam Meningkatkan Kenyamanan Wisatawan Di Gampong Tensaren, Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pengelolan Wisata Islami Pantan Terong Dalam Meningkatkan Kenyamanan Wisatawan Di Gampong Tensaren, Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah] Text (Pengelolan Wisata Islami Pantan Terong Dalam Meningkatkan Kenyamanan Wisatawan Di Gampong Tensaren, Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah)
Selvia Nola, 190403011, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pengelolaan wisata Islami Pantan Terong dalam meningkatkan kenyamanann wisatawan di Gampong Tensaren, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. Pengelolaan wisata Islami dalam meningkatkan kenyamnaan wisatawan seperti jalan terjal, kurangnya rambu-rambu di jalan. Hal ini yang menarik bagi penulis untuk mengangkat sebuah penelitian yang berjudul pengelolaan wisata Islami dalam meningkatkan kenyamanan wisatawan di Gampong Tensaren, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana pengelolaan wisata Islami dan bagaimana pengelolaan dalam meningkatkan kenyamnanan wistawan. Jenis penelitian ini kualitatif dan analisis data yang digunakan adalah deskripsi dan jumlah informan sebanyak 10 orang. Hasil penelitain ini menunjukan bahwa Profesionalitas dalam pengelolaan wisata Islami Pantan Terong dengan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Aceh Tengan, Masyarakat dan pengelola dapat membangun Destinasi Wisata Islami yang berimplementasi pada fun,food and fashion serta Peran Budaya dan agama dapat menjadi faktor penting dalam membentuk Pantan Terong Sebagai destinasi Islami. Masih banyak terdapat berbagai penghambat dalam meningkatkan jumlah pengunjung pada Destinasi Wisata Pantan Terong seperti akses jalan untuk menuju lokasi wisata yang buruk dan sering terjadi kecelakaan dan juga minimnya poster himbauan kepada pengunjung atau wisatawan, seperti himbauan untuk memakai pakaina yang sopan, menjaga kebersihan dan lain sebagainya. Peran pengelola tempat wisata menjadi faktor utama dalam membangun dan mempertahankan Destinasi Wisata Pantan Terong sebagai destinasi wisata Islami. Pengelola harus dapat meningkatkan kenyamana wisatawan sehingga dapat menaikan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantan Terong. Saran pengelola Pantan Terong dapat bekerja sama dengan Pemerintah untuk meningkatkan SDM sehingga terciptanya kualitas para pelaku usaha dalam menjalankan pengelolana Pantan Terong seperti membuat pelatihan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Selvia Nola
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:55
Last Modified: 26 Jan 2024 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35087

Actions (login required)

View Item
View Item