Partisipasi Masyarakat Terhadap Pelestarian Danau Aneuk Laot Di Kota Sabang

Dhyaake Naxrasya, 190501065 (2024) Partisipasi Masyarakat Terhadap Pelestarian Danau Aneuk Laot Di Kota Sabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Partisipasi Masyarakat Terhadap Pelestarian Danau Aneuk Laot Di Kota Sabang] Text (Partisipasi Masyarakat Terhadap Pelestarian Danau Aneuk Laot Di Kota Sabang)
Dhyaake Naxrasya, 190501065, FAH, SKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Gampong Aneuk Laot terdapat salah satu danau yang menjadi sumber kehidupan. Masyarakat Gampong Aneuk Laot melakukan peranan penting terhadap menjaga kelestarian danau dengan melakukan gotong royong bersama, dan juga melarang membuang sampah di sekitar danau. Keterlibatan dan keikutsertaan yang diperoleh dari kelompok partisipasi, untuk menegakkan cita rasa semangat dalam partisipasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi yang dilakukan oleh masyarakat terhadap pelestarian Danau Aneuk Laot, fungsi dan manfaat Danau Aneuk Laot terhadap masyarakat setempat, dan juga untuk mengetahui peran pemerintah terhadap pelestarian Danau Aneuk Laot. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang deskriptif. Metode penelitian yang digunakan diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah diperoleh akan dianalisis dengan cara mereduksi data, mendisplay data, dan memverifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi yang dilakukan oleh masyarakat Gampong Aneuk Laot terhadap Danau Aneuk Laot sangat mengandalkan yang namanya kesadaran yang sangat besar dalam menjaga dan melestarikan danau dengan cara tidak mencemari air danau dengan membuang sampah dengan sengaja kedalam danau, adanya kesadaran pribadi masyarakat akan menjadikan faktor penentu Danau Aneuk Laot tetap terjaga dan lestari. Fungsi dan juga manfaat yang dialami oleh masyarakat terhadap danau sendiri begitu banyak. Air danau dapat digunakan sepenuhnya oleh masyarakat baik itu untuk kebutuhan sehari-harinya, hingga untuk menyiram tanaman perkebunan yang ada disekeliling danau. Bagi nelayan sendiri manfaat yang didapat dari danau ialah tangkapan ikan yang menjadi sumber penghasilan sehari-hari. Peran pemerintah terhadap pelestarian Danau termasuk dalam menjaga komunikasi yang baik dan juga dalam pengawasan serta
melindungi danau dari berbagai ancaman yang akan berdampak terhadap danau.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Dhyaake Naxrasya
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:54
Last Modified: 26 Jan 2024 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35089

Actions (login required)

View Item
View Item