Elvi Hudria, 271324017 (2018) Fungsi Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Jurusan Perikanan SMKN 1 Kuala Baru Aceh Singkil. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
ELVI HUDRIA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (558kB) | Preview
Abstract
Media pembelajaran menjadi suatu bidang yang harus dikuasai oleh setiap guru, media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar mengajar sehingga akan menunjang prestasi belajar siswa. Faktanya prestasi siswa/i SMKN 1 Kuala Baru tidak dibarengi dengan media pembelajaran yang mumpuni. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bentuk perangkat media pembelajaran di SMKN 1 Kuala Baru, untuk mengetahui prestasi belajar siswa di SMKN 1 Kuala Baru, untuk mengetahui dampak media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di SMKN 1 Kuala Baru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, ketua jurusan, guru, dan enam orang siswa. Teknik pengumpulan data penelitian adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk perangkat media pembelajaran di SMKN 1 Kuala Baru sudah berjalan secara efektif seperti: (1) Adanya perangkat pembelajaran prota, prosem, RPP, dan silabus, (2) media audio,
(3) media visual, (4) media audio visual, (5) kolam terpal, (6) Akuarium, (7) laboratorium hatchery. Prestasi belajar siswa yang ada di SMKN 1 Kuala Baru ialah: pertama, juara lomba kompetisi siswa (LKS). Kedua, juara kompetisi olimpiade olahraga dan seni olahraga (O2SN). Ketiga, alumni yang telah bekerja baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Keempat, kegiatan ekstrakurikuler (marchin band). Kelima, juara lomba pertandingan bola volly. Dampak media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa ialah: pertama, siswa meraih berbagai macam penghargaan. Kedua, kelancaran proses pembelajaran. Kedua, mempermudahkan guru dalam mengajar. Ketiga, siswa mudah memahami. Keempat, siswa menjadi aktif. Kelima, siswa menghabiskan waktu istirahat dalam lab (hatchery).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dra. Jamaliah Hasballah, MA; 2. Mumtazul Fikri, MA |
Uncontrolled Keywords: | Fungsi Media Pembelajaran, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Elvi Hudria |
Date Deposited: | 04 May 2018 08:17 |
Last Modified: | 04 May 2018 08:17 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3509 |