Sebab-Sebab Perceraian (Analisis Perbandingan Putusan Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong Dan Mahkamah Syar’iyah Idi Tahun 2019-2021 Serta Korelasinya dengan Kitab Al-Majmu’ Syarah Al-Muhaddzab dan Kitab Al-Kafi)

Silvia Zannah, 190103069 (2023) Sebab-Sebab Perceraian (Analisis Perbandingan Putusan Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong Dan Mahkamah Syar’iyah Idi Tahun 2019-2021 Serta Korelasinya dengan Kitab Al-Majmu’ Syarah Al-Muhaddzab dan Kitab Al-Kafi). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mahkamah Syar’iyah] Text (Mahkamah Syar’iyah)
Silvia Zannah, 190103069, FSH, PMH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Di Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Idi setiap tahunnya mengalami kasus perceraian yang meningkat terutama pada tahun 2019-2021 (masa covid 19).Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong dan Mahkamah Syar’iyah Idi memiliki beberapa sebab perceraian. Rumusan masalah yang diangkat yaitu sebab-sebab perceraian dan sebab yang mendominasi dalam kasus perceraian, pertimbangan hakim mengenai putusan, dan korelasi sebab-sebab perceraian di MS Simpang Tiga Redelong dan MS Idi Tahun 2019-2021 dengan kitab Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzzab dan kitab Al-Kafi. Metode yang peneliti gunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif komparatif yang berjenis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cerai gugat lebih mendominasi daripada cerai talak. Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong memiliki 11 sebab perceraian yaitu mabuk, judi, meninggalkan salah satu pihak, dihukum penjara, poligami, KDRT, cacat badan, perselisihan dan pertengkaran terus menerus, kawin paksa, ekonomi, murtad, sedangkan di Mahkamah Syar’iyah Idi memiliki 9 sebab perceraian yaitu madat, judi, meninggalkan salah satu pihak, dihukum penjara, poligami, KDRT, cacat badan, perselisihan dan pertengkaran terus menerus, ekonomi dan kasus yang paling mendominan di kedua Mahkamah Tersebut yaitu perselisihan dan pertengkaran terus menerus. Dalam memutuskan putusan terkait sebab-sebab perceraian di Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong dan Mahkamah Syar’iyah Idi, hakim harus melihat dari segi hukum, segala aspek yang bersifat yuridis, normatif dan sosioligis dan juga dilihat kasus yang dimiliki kedua belah pihak. Korelasi sebab perceraian di MS Simpang Tiga Redelong dan MS idi tahun 2019-2021 dengan kitab Al-Majmu’ Syarah Al-Muhaddzab memiliki 1 kesamaan yaitu perselisihan dan pertengkaran terus menerus dan kitab Al-Kafi memiliki 2 kesamaan yaitu cacat badan dan ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Perbandingan Mazhab
Depositing User: Silvia Zannah Silvia
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:27
Last Modified: 26 Jan 2024 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35093

Actions (login required)

View Item
View Item