Kebijakan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Bahan Bacaan Perpustakaan Di SMK Darma Shalihat Nagan Raya

Najmial Syah Alam, 190206068 (2023) Kebijakan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Bahan Bacaan Perpustakaan Di SMK Darma Shalihat Nagan Raya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kebijakan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Bahan Bacaan Perpustakaan Di SMK Darma Shalihat Nagan Raya] Text (Kebijakan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Bahan Bacaan Perpustakaan Di SMK Darma Shalihat Nagan Raya)
skripsi lengkap najmial.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Perpustakaan SMK Darma Shalihat didukung dengan adanya layanan-layanan yang dapat membantu memberikan kenyamanan pemustaka seperti: layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan komputer dan internet, yang dapat digunakan oleh para siswa ketika di sekolah. Namun dalam kapasitas bacaan di perpustakaan SMKS Darma Shalihat ini masih kurang, hal ini bisa dilihat dari penyediaan buku di perpustakaan, sedangkan jumlah siswanya lebih banyak dari pada buku yang disediakan di perpustakaan, dalam hal ini diperlukan kebijakan kepala sekolah untuk mengatasinya supaya dapat diatasi dengan baik. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu untuk mengetahui kebijakan Kepala Sekolah dalam peningkatan bahan bacaan perpustakaan di SMK Darma Shalihat Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa kebijakan kepala sekolah mengenai peningkatan bahan bacaan perpustakaan yaitu: Melengkapi koleksi perpustakaan, memperbaiki tata ruang perpustakaan, meningkatkan pelayanan perpustakaan, meningkatkan minat baca siswa serta melaksanakan supervisi terhadap perpustakaan sekolah. Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengelola perpustakaan untuk meningkatkan bahan bacaan yaitu: Rencana memperoleh buku dari sumbangan wali kelas tiga, yang dikumpulkan disaat pelaksanaan pertemuan akhir wisuda kelas tiga, rencana penambahan buku melalui Badan/Kantor, dinas terkait dan perusahaan. Kendala dan solusi yang dilakukan oleh kepala perpustakaan dan pengelola perpustakaan untuk meningkatkan bahan bacaan yaitu: Ada beberapa kendala yang terjadi dalam peningkatan bahan bacaan di perpustakaan SMK Darma Shalihat yaitu: Kurangnya dana sekolah dan yayasan termasuk dana BOS dari pemerintah, siswa kurang minat dalam membaca serta sarana yang kurang memadai. Sedangkan solusi yang harus diterapkan dalam peningkatan bahan bacaan yaitu: Melengkapi koleksi buku di perpustakaan, meningkatkan minat baca siswa, melaksanakan pengawasan terhadap perpustakaan sekolah dan memotivasi siswa untuk sering membaca supaya wawasan bertambah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.2 Akuisisi dan Pengembangan Koleksi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Najmial Syah alam Najmial
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:32
Last Modified: 29 Jan 2024 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35098

Actions (login required)

View Item
View Item