Sosialisasi Moderasi Beragama Dalam Menciptakan Kemandirian Pesantren Di Kabupaten Bener Meriah

Gyo Firnanda Putra, 180401013 (2024) Sosialisasi Moderasi Beragama Dalam Menciptakan Kemandirian Pesantren Di Kabupaten Bener Meriah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sosialisasi Moderasi Beragama Dalam Menciptakan Kemandirian Pesantren] Text (Sosialisasi Moderasi Beragama Dalam Menciptakan Kemandirian Pesantren)
FINAL SKRIPSI GYO (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (12MB)

Abstract

Dakwah merupakan sebuah upaya ataupun usaha dalam menyampaikan dan mengajak individu kepada tuntunan ajaran Islam untuk diamalkan dan mempelajarinya dengan sebenar-benarnya. Maka dari itu dakwah memiliki aspek penting dalam kehidupan manusia dalam menegakkan amal maqruf nahi mungkar. Pesantren sebagai lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam pengembangan dakwah islam serta mencetak generasi da‟i yang berkualitas, namun sayangnya pesantren memiliki kerentanan dalam terpaparnya paham radikalisme, ekstrimisme, fanatisme yang menyimpang dari esensi ajaran islam itu sendiri. meningkatkan pemahaman moderasi beragama dengan melakukan sosialisasi moderasi beragama dilingkunang pesantren merupakan langkah yang diperlukan untuk membentengi pesantren dari paham-paham tersebut. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana bentuk-bentuk sosialisasi moderasi beragama yang dilakuakan Kemenag Bener Meriah dan untuk mengetahui bagaimana kemandirian pesantren dalam program moderasi beragama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa Kemenag Bener Meriah dalam melakukan sosialisasi itu dilakukan dalam beberapa bentuk seperti BIMTEK, seminar, pelatihan, program kampung moderasi. Namun pada pesantren yang menjadi fokus kajian penelitian ini belum ada penerapan secara khusus terkait moderasi beragama baik pada materi pembelajaran mau pun pada kegiatan santri yang dilakuakan secara mandiri oleh pihak pesantren, hanya mengintegrasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pambelajaran maupun pada kegiatan santri.

Kata Kunci : Dakwah, Moderasi Beragama, Kemandirian Pesantren

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 205 Etika Agama
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Gyo Firnanda Putra
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:37
Last Modified: 26 Jan 2024 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35101

Actions (login required)

View Item
View Item