Pengaruh Pemungutan Pajak Hotel, Pajak Restoran, dan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kota Banda Aceh ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Intan Novia. Zk, 190602326 (2023) Pengaruh Pemungutan Pajak Hotel, Pajak Restoran, dan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kota Banda Aceh ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah] Text (Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah)
Intan Novia. Zk, 190602326, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang salah satunya dari pajak daerah diharapkan menjadi salah satu sumber pembiayaan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah. Penelitian ini mengkaji pengaruh pemungutan pajak hotel, pajak restoran, dan pajak reklame terhadap PAD di Kota Banda Aceh ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemungutan pajak hotel, pajak restoran, dan pajak reklame terhadap PAD di kota Banda Aceh ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dalam bentuk time series (runtun waktu) dari tahun 2008-2022. Sumber data diperoleh dari BPS Kota Banda Aceh. Teknik analisis penelitian ini berupa analisis regresi linear berganda dan diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama pajak hotel, pajak restoran, dan pajak reklame berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan asli daerah. Selanjutnya, secara individual pajak restoran berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan asli daerah. Sementara itu, pajak hotel dan pajak reklame berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap PAD. Pemungutan pajak di Kota Banda Aceh digunakan untuk kemaslahatan umat seperti, pembangunan infrastruktur, pariwisata, pelayanan umum, perlindungan lingkungan hidup, ketertiban dan keamanan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan perlindungan sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Intan Novia. Zk Intan
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:17
Last Modified: 26 Jan 2024 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35104

Actions (login required)

View Item
View Item