Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Konflik Di MAN 3 Banda Aceh

Namiah Daulay, 200206001 (2024) Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Konflik Di MAN 3 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Konflik Di MAN 3 Banda Aceh] Text (Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Konflik Di MAN 3 Banda Aceh)
Namiah Daulay, 200206001, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Konflik adalah masalah yang dapat terjadi di berbagai organisasi/lembaga, termasuk madrasah. Dalam menghadapi konflik antar guru pada saat pemilihan guru untuk menjabat dalam struktur organisasi sekolah, kepala madrasah memiliki beberapa metode dalam menyelesaikan konflik agar tidak berdampak negatif pada lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui metode kepala madrasah dalam menyelesaikan konflik di MAN 3 Banda Aceh 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam menyelesaikan konflik di MAN 3 Banda Aceh. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 informan yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan 1 guru wali kelas X-MIA-3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) metode yang dilakukan oleh kepala madrasah dala menyelesaikan konflik terkait sistem pemilihan anggota struktur organisasi adalah menggunakan 4 metode yaitu metode menstimulasi konflik, metode mengurangi konflik, metode mengelola konflik, dan metode konsiliasi. 2) adapun kendala yang kepala madrasah dalam menyelesaikan konflik yaitu adanya kesalahpahaman dan kurang memahami aturan yang terjadi dalam diri pihak yang terlibat konflik sehingga mengakibatkan perbedaan pendapat. Dengan adanya metode yang digunakan kepala madrasah dalam menyelesaikan konflik, permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan baik meskipun hal tersebut tidak luput dari yang namanya kendala.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Namiah Daulay
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:17
Last Modified: 26 Jan 2024 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35105

Actions (login required)

View Item
View Item