Penerapan Model Pembelajaran Numbered Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi PAI Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Banda Aceh

Ananda Ayuningtias, 180201059 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi PAI Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Numbered Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi PAI Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Banda Aceh] Text (Penerapan Model Pembelajaran Numbered Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi PAI Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Banda Aceh)
Ananda Ayuningtias, 180201059, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Hasil belajar sangat penting dalam proses kegiatan pembelajaran, karena hasil belajar adalah tujuan yang diharapkan setelah kegiatan pembelajaran dilakukan, Dalam proses kegiatan belajar mengajar banyak usaha yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didiknya, Penggunaan metode dan model dalam proses pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga akan lebih baik dari hasil belajar sebelumnya. Pertanyaan peneliti dalam skripsi ini adalah 1. bagaimana penerapan model pembelajaran NHT di kelas viii SMPN 9 Kota Banda Aceh? 2. Bagaimana hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran NHT di kelas viii SMPN 9 Kota Banda Aceh?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus pelaksanaannya, pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes kemampuan, kemudian hasil data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus untuk memperoleh nilai ketuntasan dan menentukan seberapa besar peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) penerapan NHT dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas viii-1 mendapatkan respon yang positif dari peserta didik, hal ini dapat dilihat dari lembar peningkatan aktivitas peserta didik pada siklus I nilai rata-rata 88,6 dengan kategori “baik” dan pada siklus II hasil lembar observasi mendapatkan nilai rata-rata 96,7 dengan kategori “baik sekali”, (2) hasil tes kemampuan peserta didik yang mengalami kenaikan dari tahap pre-test peserta didik mendapatkan nilai rata-rata “kurang” 63,5 dengan presentase ketuntasan 40% lalu naik pada siklus I dengan nilai ketuntasan rata-rata “kurang” 74,7 sebanyak 60% peserta didik yang tuntas dan naik menjadi 100% pada siklus II dengan nilai rata-rata “baik” 89,7. kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode dan model yang tepat dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas peserta didik di dalam kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, penerapan model pembelajaran NHT dalam penelitian ini memiliki beberapa kendala yaitu kelas yang menjadi ramai dan keterbatasan waktu diskusi, peserta didik yang lebih dominan aktif dan ambisius dalam kelompok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ananda Ayuningtias
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:29
Last Modified: 26 Jan 2024 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35110

Actions (login required)

View Item
View Item