Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Gaya Belajar Pada Materi Perbandingan Melalui Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (Savi) Pada Siswa SMP

Icha Radila, 190205041 (2024) Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Gaya Belajar Pada Materi Perbandingan Melalui Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (Savi) Pada Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Gaya Belajar Pada Materi Perbandingan Melalui Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (Savi) Pada Siswa SMP] Text (Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Gaya Belajar Pada Materi Perbandingan Melalui Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (Savi) Pada Siswa SMP)
Icha Radila, 190205041, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang belum optimal. Dalam proses pembelajaran guru masih lebih mendominasi kegiatan belajar yang menyebabkan siswa memiliki pengalaman belajar yang terbatas. Siswa hanya duduk diam mendengarkan guru tanpa melakukan sesuatu yang akan menambah pengalaman belajar bagi mereka. Guru seolah-olah hanya mengajar satu orang murid saja dalam satu kelas, sedangkan di dalam kelas ada kurang lebih 25-30 siswa yang mempunyai keunikan, kemampuan dan keberagaman pengalaman belajar yang berbeda. Oleh karena itu, agar pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif dan dapat mencapai hasil yang memuaskan guru dapat memfasilitasi siswa sesuai dengan kebutuhannya dengan menerapkan pembelajaran berdiferensi gaya belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dikelas adalah pembelajaran diferensiasi gaya belajar melalui model pembelajaran SAVI. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan diterapkan diferensiasi gaya belajar melalui model pembelajaran SAVI dan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design menggunakan dua kelas dengan metode Control Design Pretest-Posttest yang dalam pelaksanaannya terdapat uji pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kuta Cot Glie dengan pengambilan sampel siswa kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan VII-A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji-t, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan diferensiasi gaya belajar melalui model pembelajaran SAVI lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Icha Radila
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:46
Last Modified: 26 Jan 2024 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35124

Actions (login required)

View Item
View Item