Pengaruh Kegiatan Outing Class Terhadap Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini di TK Ikal Dolog Banda Aceh

Sarti Ayani, 170210120 (2023) Pengaruh Kegiatan Outing Class Terhadap Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini di TK Ikal Dolog Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Outing Class, Terhadap Nilai Kewirausahaan Anak Usia Dini.] Text (Outing Class, Terhadap Nilai Kewirausahaan Anak Usia Dini.)
Sarti Ayani, 170210120, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang telah peneliti lakukan pada tanggal 9 November 2023 di TK Ikal Dolog, Gampong Pineung, Kecamatan Syiah kuala, Kabupaten Banda Aceh, Peneliti menemukan fakta bahwa di TK Ikal Dolog pengetahuan anak usia 5-6 tahun terhadap nilai kewirausahaan masih belum berkembang. Dapat dilihat dari ketika peneliti bertanya tentang kewirausahaan kepada anak sama sekali tidak mengerti apa itu kewirausahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pengaruh kegitatan outing class terhadap perkembangan wirausaha anak usia dini di Sekolah TK Ikal Dolog. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan design one group pretest posttes design, dengan jumlah sampel sebanyak 18 anak. Hasil penelitian diperoleh nilai pretest, Treatment dan post-test, yaitu pada kelas pretest diperoleh nilai 67,01, dan nilai rata-rata persentase posttes 85,42% dan nilai uji normalitas berdistribusi normal dimana nilai signifikansi (Sig) pre-tes diperoleh ,287 dan nilai signifikansi (Sig) post-test diperoleh ,100 Maka dapat disimpulkan bahwa nilai pada kedua data tersebut berdistribusi normal. Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya adanya pengaruh kegiatan Outing Class terhadap perkembangan nilai kewirausahaan pada anak usia dini di Ikal Dolog Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Sarti Ayani Sarti
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:25
Last Modified: 29 Jan 2024 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35126

Actions (login required)

View Item
View Item