Manajemen Pemasaran dalam Mempertahankan Pendidikan Islam di Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan

Muhammad Aqli Ramadhana, 170206003 (2022) Manajemen Pemasaran dalam Mempertahankan Pendidikan Islam di Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Manajemen Pemasaran dalam Mempertahankan Pendidikan Islam di Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan] Text (Manajemen Pemasaran dalam Mempertahankan Pendidikan Islam di Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan)
SKRIPSI_AQLI_100 SIAP!!!.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Manajemen pemasaran meliputi kegiatan perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar untuk mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui manajemen pemasaran di pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan, 2) Untuk mengetahui kendala dan cara mengatasi kendala pemasaran di pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan, 3) Untuk mengetahui strategi pesantren dalam mempertahankan eksistensi pendidikan Islam di pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Wakil Direktur Pesantren, Bagian Kehumasan Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh yaitu: 1) Manajemen Pemasaran Pendidikan di Pesantren Ar- Raudhatul Hasanah Medan menggunakan Metode 4P, Product, Promotion, Place, dan Price. Dari segi product yaitu menciptakan santri/santriwati yang berjiwa Islamiyah, tauhid, bermental kepemimpinan, berprestasi, dan menghasilkan lulusan yang profesional. Dari segi promotion yaitu melalui media sosial, melalui lisan antar lisan, melalui acara-acara besar pesantren. Dari segi place yaitu lingkungan yang kondusif disertai sarana prasarana yang mendukung. Dari segi price yaitu pembiayaan menggunakan sistem pembayaran SPP bulanan. 2) Kendala manajemen pemasaran di pesantren Ar-Raudhatul hasanah dari segi teknis maupun non teknis seperti: a) Hambatan teknis seperti brosur yang terlambat. b) Dari segi product yaitu perpektif masyarakat yang menganggap pesantren liberal. c) Dari segi promosi yaitu banyak dari orang tua yang tidak mengatahui sistem pendidikan yang diterapkan di pesantren. d) Dari segi price yaitu di daerah-daerah tertentu sistem perbankan tidak dapat diakses. 3) Strategi yang dilakukan pihak pesantren dalam mempertahankan eksistensi pendidikan Islam di pesantren Ar-Raudhatul Hasanah yaitu dengan mengevaluasi kurikulum setiap tahun, membangun kepercayaan masyarakat umum dan wali-wali santri, mempertahankan kualitas alumni, pengkaderisasian pengurus pesantren serta menjalankan visi dan misi pesantren.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Aqli Ramadhana Aqli
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:56
Last Modified: 26 Jan 2024 03:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35127

Actions (login required)

View Item
View Item