Pembelajaran Al-Qur’an Braille Bagi Pelajar Sekolah Kebangsaan Pendidikan Khas Princess Elizabeth Di Johor

Muhammad Addin bin Mohd Sarif, 190303120 (2024) Pembelajaran Al-Qur’an Braille Bagi Pelajar Sekolah Kebangsaan Pendidikan Khas Princess Elizabeth Di Johor. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Pembelajaran Al-Qur’an Braille Bagi Pelajar Sekolah Kebangsaan Pendidikan Khas Princess Elizabeth Di Johor] Text (Pembelajaran Al-Qur’an Braille Bagi Pelajar Sekolah Kebangsaan Pendidikan Khas Princess Elizabeth Di Johor)
Muhammad Addin Bin Mohd Sarif, 190303120, FUF, IAT .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran al-Qur’an diperlukan seluruh umat muslim. Proses pembelajaran bermula dari mempelajari al-Qur’an, membaca ayat-ayat al-Qur’an, memahami isi dan kandungan ayat-ayat al-Qur’an, mengamalkan kandungan ayat-ayat tersebut. Pembelajaran memerlukan media atau perantara yang tepat guna. Pembelajaran al-Qur’an menggunakan media al-Qur’an. Khusus peserta didik disabilitas netra, peserta didik yang mengalami hambatan dalam penglihatannya baik tidak berfungsi salah satu atau tidak berfungsi keduanya, pembelajaran al-Qur’an memerlukan media yang sesuai dengan kemampuan peserta didik. Media yang digunakan pada pembelajaran al-Qur’an bagi disabilitas netra adalah Al-Qur’an Braille. Berdasarkan realitas tersebut tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran Al-Qur’an Braille serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pembelajaran Al-Qur’an Braille bagi siswa penyandang tunanetra di Sekolah Kebangsaan Pendidikan Khas (SKPK) Princess Elizabeth di Johor. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di SKPK Princess Elizabeth di Johor. Lembaga pendidikan tersebut dijadikan sebagai sumber untuk peneliti mendapatkan informasi mengenai pembelajaran al-Qur’an Braille pada anak tunanetra. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan proses pembelajaran berjalan dengan baik menggunakan beberapa kaidah pembelajaran yang mampu membantu siswa tunanetra membaca al-Qur’an dengan baik. Terdapat beberapa hambatan dihadapi seperti kekurangan panduan khusus berkaitan modul pengajaran Al-Qur’an Braille dan siswa yang pelbagai kelakuan karena masih kecil memberi kesan pada pembelajaran Al-Qur’an Braille di SKPK Princess Elizabeth.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Addin Bin Mohd Sarif
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:11
Last Modified: 29 Jan 2024 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35136

Actions (login required)

View Item
View Item